Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artika Sari Devi: Lebaran, Momen Ajarkan Anak Saling Berbagi

Kompas.com - 08/08/2013, 09:34 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Setiap keluarga muslim tentu memiliki tradisi tersendiri. Tak terkecuali dengan keluarga artis Artika Sari Devi Kusmayadi dan Ibrahim Imran alias Baim.

"Tradisinya sih lebih ke arah kebiasaan keluarga sejak saya kecil. Dan intinya adalah semangat untuk saling berbagi," jelas Artika, saat acara produk perawatan rambut di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Mantan Puteri Indonesia 2004 ini mengaku sejak kecil sudah diajarkan saling berbagi dengan sesama yang membutuhkan, terutama di bulan Ramadhan. Setiap Ramadhan, Artika kecil dan keluarganya di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, selalu menyempatkan diri untuk mengumpulkan pakaian bekas layak pakai untuk disumbangkan kepada tetangga-tetangga atau orang yang membutuhkan. Istilah ini disebutnya sebagai "cuci gudang".

Sekalipun sudah menikah dan memiliki anak, nilai-nilai positif dari saling berbagi ini masih dipertahankannya. Kini, Artika juga menularkan tradisi ini kepada anaknya.

"Sekarang ini, anak saya yang pertama (Sarah Ebiela Ibrahim) sudah mulai terbiasa dengan tradisi ini. Kalau saya lupa, dia sudah duluan mengingatkan dan memisahkan pakaian yang sudah tak dipakainya," ungkap perempuan yang baru saja melahirkan anak keduanya ini.

Ia menambahkan, suatu kali Sarah meminta izin kepadanya untuk memberikan baju yang sudah tidak muat dipakainya untuk diberikan kepada anak asisten rumah tangganya.

Selain tradisi memberikan pakaian layak pakai, perempuan kelahiran 29 September 1979 ini juga punya kebiasaan lain menjelang Lebaran.

"Setiap malam takbiran, saya dan keluarga  biasanya mengajak anak yatim di dekat rumah untuk berbuka puasa bersama. Ini juga jadi salah satu momen untuk berbagi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com