Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2013, 17:20 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Keremajaan kulit sebenarnya bisa didapatkan, tergantung dari bagaimana Anda merawat kulit wajah Anda. Penggunaan produk kosmetik mulai pelembab, serum, foundation, sampai sunblock, dirancang untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Namun ternyata, hampir setengah dari perempuan Indonesia tidak menggunakan sunblock saat akan keluar rumah.

Menurut polling yang dilakukan oleh KompasFemale, perempuan Indonesia yang tidak memakai sunblock saat keluar rumah jumlahnya 42 persen. Masih lebih banyak dibandingkan yang terbiasa menggunakan sunblock (35 persen), dan yang kadang-kadang memakainya (23 persen).

Padahal, penggunaan sunblock penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang merusak kulit maupun sistem tubuh. Apabila Anda tidak melindungi kulit, penuaan dini dan timbulnya flek-flek hitam pada kulit wajah akan cepat muncul.

Sebagaimana yang pernah di bahas sebelumnya, indeks paparan sinar UV yang berlebihan pada kulit dapat mengindikasikan potensi kerusakan kulit. Skalanya 1-10, dan khusus di Indonesia indeks UV berkisar antara 8-9.

Untuk kulit orang Asia, termasuk Indonesia, ada perhitungan mengenai waktu maksimal di bawah sinar matahari, termasuk kapan kulit mulai terbakar. Waktu maksimal di bawah sinar matahari untuk orang Asia adalah 400 menit/Indeks UV.

Jika indeks UV orang Asia adalah delapan, maka kulit orang Asia mulai terbakar setelah 50 menit terpapar sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya. Angka ini didapatkan dari 400 menit/8 (indeks UV).

Itu sebabnya, penggunaan sunblock yang memiliki Sun Protection Factor (SPF) tinggi mampu melindungi kulit Anda. Dengan mengaplikasikan sunblock ber-SPF, waktu aman di bawah paparan sinar matahari bisa diperpanjang.

Nah, masih ragukah Anda untuk menggunakan sunblock ketika akan keluar rumah? Jangan sia-siakan kecantikan kulit wajah Anda akibat ganasnya paparan sinar matahari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com