Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2013, 10:43 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

TODAY Karakter Minion dan burung hantu sangat menarik untuk anak-anak, apalagi jika tersaji di atas piring mereka.
KOMPAS.com — Makan siang dan makan malam anak mungkin bisa jadi masalah besar untuk ibu. Ketika tiba saat makan, si kecil sering berubah jadi drama queen, suka lari-lari, atau bahkan memilih-milih apa yang mau dimakannya. Ini pasti mengesalkan. Sudah capek-capek memasak dan menyiapkan makan, anak malah tak mau makan.

Kalau setiap waktu makan selalu berubah jadi momen yang tak menyenangkan untuk Anda dan si kecil, mungkin Anda bisa mencontoh cara bloger Samantha Lee. Dengan kreativitasnya, Samantha berhasil membuat kedua anak perempuannya makan dengan lahap, cepat, dan tidak pemilih. Tak aneh kalau waktu makan bisa jadi momen yang sangat menyenangkan bagi mereka.

Apa sih yang dilakukannya? Ternyata, Samantha memberikan sentuhan kreatif di piring makan anak-anaknya. Sebenarnya, cara ini mirip seperti bento ala Jepang yang dibuat di dalam kotak makan siang. Namun, Samantha menghias nasi, sayur, dan lauknya menjadi karakter yang sangat lucu dan disukai anak-anak.

Ide ini sebenarnya tercetus sejak empat tahun lalu karena anak-anaknya mengalami masalah makan dan butuh waktu makan yang sangat lama. Selain itu, anak-anaknya juga suka mengarang cerita dan membuat wajah-wajah aneh di piring makan malam mereka.

Awalnya ia mencoba untuk mencari panduan membentuk karakter secara online. Namun, akhirnya imajinasinya berkembang dan ia mulai mendapat banyak ide.

"Saya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa, dan saya tidak pernah ikut kelas memasak atau pelatihan untuk membuat makanan seperti ini sebelumnya," ungkap Samantha.

Piring makan aneka cerita
Perempuan yang tinggal di Malaysia ini membuat berbagai karakter seperti Batman, Snoopy, Snow White, Angry Bird, dan Hello Kitty. Ia juga bereksperimen dengan membuat banyak karakter lain dari artis Hollywood seperti Lady Gaga, The Addams Family, dan Nikki Minaj. Suasana Amsterdam, San Francisco, Paris, dan kehebatan ninja serta pasukan pengawal Inggris juga tak lupa dihadirkannya dalam piring. Hebatnya, piring makanan kreatif ini menggambarkan satu jalan cerita sendiri.

Setelah mendesain cerita dan karakter di piring, ia mulai membentuk sayur, buah, dan nasi sesuai jalan cerita. Ini dilakukan agar makanan tidak banyak yang terbuang percuma, dan sisanya tetap bisa dimanfaatkan.

Perempuan yang kini menjadi bintang Instagram dan memiliki 200.000 follower karena kreativitasnya ini mengaku bahwa piring makan tak cuma tentang penampilan saja. Rasa sama pentingnya dengan penampilan. Oleh karena itu, ia banyak menggunakan buah dan sayuran segar untuk menambah citarasa.

Dalam sepiring makanannya, Samantha tak lupa menghadirkan komposisi makanan lengkap. Mulai karbohidrat, lauk, protein, hingga serat dari buah dan sayuran. Di piring "Snoopy Memanggang Marshmallow" misalnya, ia membuat si anjing lucu ini dengan menggunakan roti panggang. Rumah anjingnya dibuat dari potongan apel, sepotong marshmallow, lalu stroberi untuk api, bulan sabit dari roti panggang dengan selai kacang, dan bintang dari olesan cokelat. Sajian ini cocok sekali untuk sarapan.

Selain roti, Samantha juga melakukan hal yang sama pada nasi dan sayur. Di piring "Snow White" misalnya, ia membuat karakter si putri dengan menggunakan nasi putih, sedangkan jubahnya dari nori. Adapun mahkotanya dibuat dari keju. Sebagai pendamping makanan, ia membuat salad selada dan jagung, ayam panggang mayones, dan saus.

Untuk menciptakan semua karakter ini, ia hanya menggunakan mayones sebagai perekat, saus tomat untuk membuat warna merah muda, plastic wrap untuk membentuk nasi, dan tusuk gigi untuk membentuk keju. Namun, untuk membuat setiap hidangan ini, ia menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam.

"Saya belajar bahwa makan seharusnya jadi waktu yang menyenangkan. Selain itu, seni menghias makanan untuk anak seharusnya tidak hanya terlihat dekoratif dan mewah. Makanannya harus terasa enak seperti yang terlihat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com