Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2013, 15:59 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Apa yang akan Anda lakukan ketika usia sudah menginjak 46 tahun? Merawat kulit? Mengecat rambut?

Sebuah survei yang dilakukan Nurture Replenish, sebuah perusahaan perawatan kulit di Inggris, terhadap 2000 perempuan di atas 40 tahun, mengungkapkan bahwa mengurus rambut lebih penting daripada kulit.

"Kulit bukan satu-satunya aspek penampilan yang dipengaruhi oleh proses penuaan. Karena sebenarnya rambut memainkan peranan yang sangat besar untuk penampilan," kata juru bicara Nurture Replenish.

Para responden mengungkapkan, 46 tahun adalah waktu bagi seorang perempuan untuk melihat baik-baik dirinya di cermin dan memutuskan apakah ia membutuhkan perubahan atau tidak. Karena tatanan rambut ekor kuda, rambut panjang tergerai, atau berponi klasik kurang cocok untuk perempuan usia 46 tahun.

Sayangnya menemukan gaya rambut yang sesuai di usia ini mungkin akan sulit. Karena tantangan terbesar perempuan di usia matang ini adalah kesulitan untuk mengelola rambut yang tiba-tiba kehilangan volume dan sinarnya, dibanding saat mereka masih muda dulu.

Kesulitan lain yang dihadapi adalah perubahan struktur rambut yang jadi lebih tipis, kasar, dan beruban. Dari hasil jajak pendapat ini, hanya 16 persen perempuan yang mengklaim punya rambut yang sehat, sedangkan sisanya menggerutu tentang rambut patah dan teksturnya yang kusam.

Hampir semua perempuan mengatakan bahwa kondisi paling prima dari rambut mereka adalah saat berusia dua puluhan. Sedangkan gaya rambut terbaik yang pernah mereka miliki adalah gaya rambut yang dicoba di usia 36.

Di usia matang ini, responden mengungkapkan bahwa mereka seharusnya memiliki gaya rambut yang elegan, modis, namun praktis.

Lalu bagaimana tampilan yang cocok untuk perempuan usia 46-an? Salah satu gaya yang cocok adalah model rambut superpendek. Rambut yang biasa disebut pixie cut ini dianggap lebih sesuai dengan usia dan terlihat lebih matang, segar, namun elegan. Charlize Theron (41) yang beberapa tahun terakhir tampil dengan rambut panjang indahnya kini memutuskan kembali memangkas habis rambutnya.

"Banyak perempuan yang merasa perlu menyesuaikan gaya rambut mereka ketika menginjak usia yang lebih matang. Karena gaya yang cocok di usia 20-an bisa jadi tidak akan tampil maksimal di usia 40 atau 50-an," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com