Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2013, 15:09 WIB
Felicitas Harmandini

Penulis

KOMPAS.com - Banyak pasangan menikah yang menunda untuk punya anak, dan tiba-tiba menyadari bahwa peluang mereka untuk hamil ternyata sudah berkurang. Memang ada beberapa selebriti seperti Halle Berry dan Salma Hayek yang baru mempunyai anak setelah berusia 41 tahun, tapi benarkah semua perempuan memiliki peluang yang sama?

Generasi saat ini memang telah banyak berubah. Jumlah perempuan di Inggris yang menjadi ibu pertama kalinya di usia 40-an telah meningkat 15 persen dalam lima tahun terakhir. Namun pada usia berapa kita harus mulai khawatir bahwa kesuburan kita mulai menurun?

"Tidak ada 'angka ajaib' mengenai penurunan kesuburan wanita, tapi kita tahu bahwa sel telur akan menurun kualitasnya seiring bertambahnya usia," papar Susan Seenan, deputy chief executive dari Infertility Network, Inggris.

Kecepatan penurunan kesuburan itu bervariasi pada masing-masing perempuan, namun meningkat tajam setelah sekitar umur 35. Semakin kita "sadar kesuburan" tentu akan semakin baik, sehingga kita tidak perlu menunggu terlalu lama ketika akhirnya merasa siap untuk hamil.

National Health Service juga sepakat bahwa 35 adalah "usia kunci" mengenai batas kesuburan perempuan. Perempuan paling subur ketika berusia awal 20-an, lalu kesuburan itu akan menurun seiring pertambahan usia. Setelah usia 35, penurunannya akan menukik tajam.

"Perempuan dalam kelompok usia 19-26 memiliki peluang ganda untuk dibuahi tiap siklus menstruasi dibandingkan kelompok usia 35-39 tahun," ujar Jane Knight, spesialis perawatan kesuburan dari Fertility UK. Hanya karena Anda masih menstruasi secara rutin, tidak berarti Anda akan mudah hamil.

Pada usia lebih dari 35, kemungkinan untuk hamil melalui perawatan kesuburan seperti bayi tabung juga lebih kecil. Selain itu, mereka juga lebih cenderung mengalami keguguran. Meski begitu, tidak berarti peluang itu tertutup sama sekali. Anda bisa mulai khawatir ketika memasuki usia 37. Saat itulah kualitas sel turun menurun tajam.

Anda juga perlu untuk mengetahui kapan usia menopause ibu Anda, karena hal itu mungkin akan menurun secara genetik. Perempuan mungkin tidak akan subur lagi hingga 10 tahun sebelum menstruasinya yang terakhir.

"Rata-rata usia menopause sekitar 51, tapi banyak perempuan yang akan mengalami menopause lebih dini," tukas Jane.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com