Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2013, 16:41 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Pandangan mengenai kehidupan memang berbeda bagi setiap orang, tidak ada yang dapat menyamakan apa arti kehidupan bagi diri mereka sendiri. Karena, Anda, kami, mereka, atau saya, pastinya mempunyai tujuan hidup yang berbeda dan tidak sama pula cara memandangnya. Tak sedikit pula orang yang memerlukan motivasi untuk menjalani kehidupannya sehari-hari.

Memahami hal yang begitu dasar tersebut, Christie Kanter, perempuan dengan passion yang kuat dan kesenangan dalam menulis, akhirnya menelurkan buku perdananya yang bertajuk Glancing Through Life.

Buku ini terbit berdasarkan inspirasi yang ia dapatkan untuk bisa memberikan makna lebih dalam, atau pandangan yang berbeda mengenai kehidupan yang sering disepelekan banyak orang. Sambil terus berusaha untuk menikmati hidup sepenuhnya, Christie ingin berbagi pengalaman pribadinya dan eksplorasinya dalam subjek kehidupan.

“Saya juga masih muda, dan ingin saya tekankan bahwa dalam buku saya ini, saya tidak bermaksud untuk mengajari. Tapi setidaknya saya ingin memberikan inspirasi dan motivasi bagi mereka yang membaca agar bisa memaknai hidup lebih dalam, dan hal-hal kecil yang sering terlupakan agar bisa dinikmati dengan lebih berarti,” ujarnya dalam peluncuran bukunya di Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (21/08/2013).

Dalam bukunya, Christie mengambil lima bab kehidupan yang sering dialami oleh banyak orang. Yaitu, cerita tentang tujuan, pilihan, cinta, kesulitan, dan kebahagiaan dalam kehidupan. Mengapa dia mengambil lima fase kehidupan tersebut? Menurutnya, semua fase tersebut mewakili kehidupan banyak orang.

Menjalani kehidupan tak lepas dari tujuan hidup itu sendiri, menerima konsekuensi dari sebuah pilihan, memutuskan untuk mencintai, belajar melampaui kesulitan, dan berusaha untuk selalu bahagia, demikian menurut Christie.

“Saya dulu berpikir, untuk memiliki kehidupan yang memuaskan kita harus menjadi, melakukan, dan memiliki sesuatu. Tentunya setiap orang akan mengalami situasi yang berbeda, tapi pada dasarnya hidup mengajarkan kita tentang pelajaran dasar yang sama,” papar wanita lulusan Drexel University, Philadelphia, Amerika Serikat ini.

Christie sengaja menggunakan bahasa Inggris dalam penulisannya, karena ingin bukunya bisa dibaca oleh siapa saja. Bukunya yang bersifat motivasi ini dibuat mengingat masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan mencari buku-buku motivasi yang berisi instruksi spesifik dalam mencapai hal-hal yang mereka pikir akan berkontribusi dalam membuat hidup mereka lebih berarti.

Awal mula ketertarikan dirinya pada dunia tulis-menulis dimulai saat masih duduk di bangku kuliah. Saat itu ia diharuskan selalu menulis apa yang sedang ia kerjakan. Pada akhirnya, ia mulai rutin meluangkan apa yang ia pikirkan melalui blog-nya. Dari situ ia mendapatkan banyak inspirasi dan menguatkan dirinya untuk terjun dalam bidang menulis, hingga menelurkan sebuah buku.

Melalui buku dengan tampilan sederhana tanpa banyak gambar ini, penulis ingin mencerminkan buku yang ringan untuk dibaca. Hanya melalui kata-kata yang diambil dari lima chapter kehidupan itu, Christie ingin kata-kata tersebut mencerminkan perasaan yang dialami banyak orang.

Glancing Through Life bisa didapatkan di Kinokunikya, Gramedia, Times/Books&Beyond, Imanuel, BPK Gunung Mulia, dan Metanoia, dengan harga Rp 99.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com