Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2013, 11:39 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com - Agustus identik dengan perayaan hari kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus. Plaza Indonesia merayakannya dengan menghadirkan berbagai koleksi warisan tradisi, baik dengan cara memamerkannya di beberapa sudut mal, maupun lewat event khusus seperti peragaan busana. 
 
Iwan Tirta, lewat koleksinya Iwan Tirta Private Collection Signature, hadir dengan beberapa rancangan batik yang sangat khas, kaya akan motif dan warna, yang diperagakan dalam peragaan busana bertajuk "I Love Indonesia: Tribute to Indonesia Heritage", di Lamoda, Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (21/8/2013) lalu. 
 
Ada total 24 outfit yang ditampilkan, baik untuk busana perempuan maupun busana pria. Jika dibagi secara keseluruhan, ada tiga babakan dalam peragaan kali ini. 
 
Pertama, hadir beberapa koleksi Iwan Tirta yang khas dengan motif-motif besar, dua sisi dan teknik prada. Permainan warna yang mencolok juga membuatnya menonjol. Di bagian pertama ini, potongan busana untuk wanita hadir lewat mini dress, blus, dan rok dengan masing-masing membawa selendang dan kain panjang. 
 
Meski motifnya batik, sentuhan kekinian sangat kentara dalam peragaan koleksi Iwan Tirta ini. Di antaranya terdapat pada blus tanpa lengan atau berlengan pendek, serta leher V yang membuat leher jenjang terlihat. Pada beberapa busana, ada juga yang transparan. 
 
Di babakan kedua, hadir beberapa kebaya yang cenderung berwarna gelap, yang dipadupadankan dengan kain batik. Potongan yang membentuk tubuh dengan permainan warna yang pas membuat koleksi Iwan Tirta ini nampak mencolok, elegan, sekaligus dinamis.
 
Pada bagian terakhir, terdapat beberapa koleksi busana batik untuk pria. Motif daun emas juga mendominasi seperti halnya pada busana untuk wanita sebelumnya. Warna-warna dasar hitam atau gelap dihiasi dengan motif-motif yang terang, membuat koleksi batik ini menjadi berbeda. Untuk potongannya, berbentuk kemeja lengan panjang dan pendek. 
 
Secara keseluruhan, koleksi Iwan Tirta untuk "Tribute to Indonesia Heritage" kali ini seolah kembali mengajak publik atau masyarakat untuk berani berkreasi dengan batik. Tidak hanya untuk busana kerja di hari Jumat, tapi juga bisa dalam aktivitas sehari-hari. 
 
Yang menonjol dari koleksi kali ini adalah teknik prada atau aplikasi daun emas, karena begitu mencolok dan memberi kesan ramai dan riuh. Seperti meriahnya perayaan hari 17 Agustus.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com