Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2013, 09:44 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com - Kulit tangan para toji, pembuat sake di Jepang, tampak mencolok karena masih halus sementara mukanya ada yang sudah keriput. 
 
Setelah diteliti lebih jauh, ternyata tangan para toji yang terus-menerus bersentuhan dengan fermentasi ragi membuat kulit mereka tetap terawat dan kencang. Penelitian yang dilakukan oleh tim SK-II kemudian menemukan bahwa proses fermentasi ragi tersebut mencipta sesuatu secara alami dan kaya nutrisi untuk kulit. 
 
Dari 350 jenis ragi, ada satu jenis ragi unik yang menghasilkan sebuah kandungan untuk merawat kulit yang diberi nama pitera. Hasilnya kemudian dituangkan dalam produk perawatan kulit Facial Treatment Essence oleh SK-II. 
 
"Cerita soal pitera, mungkin bukan lagi hal baru. Namun kali ini, kami ingin menegaskan betapa pitera dalam SK-II merupakan hasil temuan dari kajian  ilmiah, " ujar Bambang Sumaryanto, Direktur P&G Indonesia, saat peluncuran Facial Treatment Essence SK-II di Esquire Room, Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Kamis (22/8/2013) lalu. 
 
FTE mengandung 90 persen konsentrasi Pitera, yang berarti lebih banyak dari produk SK-II lainnya. Produk ini juga mengandung empat formula yang baik untuk kulit seperti vitamin, mineral, asam amino, dan asam organik. 
 
Dalam peluncuran botol pertamanya, turut diputar film pendek mengenai proses temuan pitera yang terinspirasi dari kulit tangan para pembuat sake di Jepang. Film ini disutradarai Tom Hooper, yang pernah sukses menggarap Les Miserables
 
Dalam film tersebut, ia menggambarkan, seorang anak perempuan yang bermain-main hingga sampai di satu lokasi tempat para toji bekerja. Di sini ia melihat para pembuat sake yang rata-rata sudah berusia lanjut, namun tangan mereka tetap halus seperti anak muda. 
 
Gagasan awal inilah yang kemudian menjadi andalan produk FTE dari SK-II. Susan Bachtiar, Brand Ambassador SK-II yang pernah berkunjung ke Jepang, mengatakan benar adanya kalau tangan para toji sangatlah halus dan lembut. 
 
"Saya pernah juga mencoba yang kandungan piteranya 100 persen, rasanya enak sekali di kulit, terasa lembab dan kencang," ujarnya lugas. 
 
Oleh karenanya, Susan pun tak heran bila para toji punya kulit tangan yang terawat dan awet muda. Dia pun mencoba produk yang sama, dan mendapatkan kulit yang juga terawat. Kata dia, dalam waktu dua pekan dirinya merasa kulit lebih segar, lembut, dan cerah.
 
Terinspirasi dari para toji, sekarang perempuan pun punya kesempatan untuk punya kulit terawat dan awet muda.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com