Jumat, 28 November 2014
Senyum ala The Joker Diminati di Korea
Minggu, 25 Agustus 2013 | 23:25 WIB
|
Share:
SHINE

Seorang wanita yang mengoperasi mulutnya bak senyum Joker
SHINE Seorang wanita yang mengoperasi mulutnya bak senyum Joker

KOMPAS.com – Sudah banyak orang tahu bahwa banyak perempuan di Korea Selatan yang melakukan operasi plastik agar menjadi cantik. Mulai operasi kelopak mata, hidung, sampai bentuk wajah. Tapi kini ada lagi yang ekstrim mereka lakukan, yaitu operasi pembentukan senyum di bibir bak senyum The Joker, tokoh penjahat di kisah-kisah Batman.

AONE Plastic Surgery Clinic di Korea Selatan mengungkapkan adanya prosedur Smile Lift (pengangkatan bibir), yang tujuannya “mengangkat sudut mulut dengan menyesuaikan keseimbangan otot di sekitar sudut mulut.” Dengan operasi tersebut, perempuan akan memiliki sudut bibir melengkung ke atas membentuk senyum ala The Joker.

Pada tahun 2012, Dr Kwon Taek Keun, pendiri AONE, berbicara mengenai operasi plastik pengangkatan sudut bibir di konvensi internasional. Saat itu ia mengatakan bahwa kekenduran di sudut mulut merupakan bawaan dari lahir, dan umum terjadi.

Di Amerika, sebenarnya prosedur semacam ini sudah dikenal. Dr Ritu Chopra, ahli bedah dan plastik yang berpraktek di New York City dan Beverly Hills, pernah berkata bahwa untuk meringankan daerah kendur di sekitar mulut akan dilakukan penyuntikan di sudut mulut untuk mengencangkan otot-ototnya. Namun para dokter umumnya berusaha memberikan tampilan alami agar wajah tidak terlihat seperti sudah mengalami operasi.

"Jika saya melihat seseorang seperti itu (perempuan dengan senyum The Joker), tentu saya akan mengatakan bahwa itu operasi gagal. Itu terlihat benar-benar aneh, masa seperti Joker?” tukas Chopra terheran-heran.

Dengan senyum The Joker, perempuan tidak hanya akan terlihat sedikit menakutkan. Mereka tampaknya juga terlalu muda untuk menjalani pengencangan otot, mengingat operasi plastik itu sebenarnya ditujukan bagi mereka yang telah mengalami tanda-tanda penuaan.

Hal ini bertentangan dengan pendapat Dr Keun dari AONE, yang mengklaim bahwa operasi ini bisa untuk orang-orang yang masih muda. Biayanya pun relatif murah untuk sebuah operasi plastik, sehingga banyak orang menjalani prosedur ini dan menyebabkannya menjadi tren.


Sumber :

Penulis :
K. Wahyu Utami
Editor :
Felicitas Harmandini
BERITA LAIN: