Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2013, 08:49 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber abc.net.au
KOMPAS.com - Agar tak bosan makan makanan rumahan, ajak anak-anak menikmati makanan ala restoran yang enak dan praktis. Salah satu resep yang bisa dicoba adalah tempura. Rasanya yang kriuk pasti disukai anak.

Nah, bagaimana sih bikin tempura yang enak dan renyah?

1. Ketika membuat adonan tempura, pastikan adonan tepung ini dingin. Jangan mencampur tepung dengan air yang panas. Agar lebih renyah, Simon Bryant, celebrity chef Australia menyarankan untuk mencampurkan air soda ke dalamnya. Soda berfungsi untuk menambah udara dan meringankan campuran tepung di dalamnya.

2. Jangan mencampur banyak bahan ke dalam adonan. Masukkan sayur atau seafood ke dalam adonan satu per satu. Semakin banyak sayur, tepung di dalamnya banyak menempel. Adonan pun jadi lebih berat.
 
3. Gunakan sumpit untuk mencampur adonan tempura dan melapisi tepung ke sayuran atau seafood. Penggunaan sumpit akan memimalisasi menempelnya tepung ke sayur atau seafood. Lapisan tepung yang sedikit akan membuat tempura jadi lebih renyah.

4. Jangan menggoreng tempura dalam minyak yang terlalu panas. Kalau terlalu panas, tepung akan gosong sementara isiannya belum matang. Panas ideal untuk menggoreng tempura adalah 170 derajat Celcius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber abc.net.au
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com