Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2013, 12:35 WIB

KOMPAS.com - Warna tak hanya bisa menggambarkan perasaan, tetapi juga bisa memengaruhi gaya belanja. Bahkan warna menjadi bagian dari strategi pemasaran setiap gerai, untuk menarik orang datang ke gerainya di dalam mal.

Merah agak oranye, hitam, biru royal, merah muda, biru cerah, biru kehijauan adalah beberapa warna yang bisa menentukan apakah Anda tergolong pebelanja impulsif atau terencana?

Coba amati pusat perbelanjaan yang kerap Anda kunjungi. Anda akan menemukan setiap gerai menggunakan warna tertentu sebagai ciri khas. Warna tersebut menghiasi mulai dari pintu, dinding gerai, bahkan hingga label merek, dan tas belanjanya.

Warna-warna ini dipilih bukan tanpa alasan. Pilihan warna ini dapat memengaruhi pengunjung mal untuk membelanjakan uang.

Menurut para ahli pemasaran, warna memang dapat memberi pengaruh pada kondisi psikologis seseorang. Bahkan warna sering diasosiasikan sebagai peran sosial atau budaya tertentu. Itu sebabnya banyak gerai dengan cermat memilih warna khas untuk menarik pelanggan.

Para ahli pemasaran juga menemukan warna yang bisa memengaruhi kebiasaan berbelanja seseorang. Orang yang hobi berbelanja secara impulsif akan lebih merespons pada produk dengan warna merah agak oranye, hitam dan biru royal.

Sedangkan orang yang selalu merencanakan belanja  dan patuh terhadap bujet akan lebih merespons warna merah muda, biru cerah dan hijau kebiruan.

(Majalah Chic/Erma Dwi K)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com