Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2013, 10:37 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Meningkatkan metabolisme dibutuhkan agar makanan yang Anda konsumsi segera menjadi energi dan tidak bertumpuk menjadi lemak. Metabolisme yang cepat membuat Anda mampu menekan nafsu makan dan pada akhirnya menjaga berat badan. Untuk mempercepat metabolisme, kuncinya adalah melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan dan minuman pendukung.

Pukul 06.30. Nikmati kopi atau teh Anda. Perempuan yang mengonsumsi kafein sebelum bekerja dikatakan akan lebih berstamina dan menikmati setiap aktivitasnya.

Pukul 06.45. Olahraga sejenak sebelum Anda mulai sarapan. Pada penelitian di Inggris, orang yang berolahraga sebelum sarapan bisa membakar lemak hampir 20 persen lebih banyak. 

Pukul 07.00. Saat olahraga, lakukan latihan beban lebih dulu, lalu latihan kardio dalam waktu 20 menit. Itulah rumus untuk pembakaran lemak paling efektif. Latihan kardio yang dilakukan setelahnya (dua jam, dalam penelitian ini) tidak memiliki hasil yang sama.

Pukul 08.00. Konsumsi sarapan yang mengandung protein, setidaknya dalam ukuran 35 gram. Sumber protein antara lain telur, susu, keju, daging ayam tanpa lemak, juga kacang-kacangan. Coba buat roti berisi keju dan sayuran, atau omelet dengan campuran jamur atau kacang merah.

Pukul 12.30. Waktunya makan siang, sebaiknya ambil kesempatan untuk keluar dari kantor. Usahakan Anda berjalan-jalan selama sekitar setengah jam di lingkungan kantor, karena bisa membantu membakar sekitar 100 kalori.

Pukul 15.00. Menjelang sore, rasa jenuh kembali muncul, dan tubuh mulai merasa lesu.Penuhi rasa lapar yang kembali terasa dengan camilan sore. Namun perhatikan pilihan cemilan Anda. Ngemil buah memang yang paling aman. Tapi Anda juga bisa ngemil bakso tanpa mi, atau nachos dengan saus paprika dan tomat yang segar.

Pukul 19.00. Coba nikmati roti. Dalam sebuah studi di Israel, pelaku diet yang dianjurkan untuk makan karbohidrat hanya saat makan malam akan menurunkan berat badan lebih banyak daripada mereka yang mengonsumsi roti hanya di siang hari.

Pukul 20.00
Hirup bebauan yang menenangkan. Aroma minyak esensial seperti lavender, ylang-ylang, dan marjoram, dapat menurunkan stres yang memicu timbunan lemak. Anda bisa menuangkan beberapa tetes minyak esensial, misalnya yang dalam bentuk bath oil, ke dalam bak mandi. Gunakan untuk berendam.

Pukul 22.30.
Jika Anda berniat menurunkan berat badan, kekurangan tidur bisa menyebabkan Anda kehilangan jaringan otot ketimbang lemak. Dengan tidur cukup, Anda bisa menyeimbangkan antara menghilangkan lebih banyak lemak dan lebih sedikit otot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com