Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2013, 09:38 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa Anda pilih untuk merawat kulit, termasuk mengangkat kulit mati yang muncul sebagai dampak siklus regenerasi kulit setiap 21-28 hari.

Expoliation atau pengelupasan kulit mati bisa dilakukan dengan empat cara. Mulai kimia, chemical peeling, mekanik hingga mencabut rambut.

Expoliasi penting dilakukan secara rutin untuk mencerahkan kulit, termasuk mengatasi masalah kulit kusam yang terjadi karena berbagai faktor seperti stres, diet tak sehat, merokok, kurang tidur/istirahat, terpapar sinar ultraviolet, hingga efek samping penggunaan kosmetika.

Jika ingin cara alami, expoliation dengan cara mekanik menggunakan lulur/scrub bisa jadi pilihannya. Termasuk lulur mandi yang bisa diaplikasikan sendiri di rumah, kapan saja Anda membutuhkannya.

"Cara mekanik bisa dengan microdermabrasi atau dermabrasi. Namun untuk sehari-hari, cukup dengan scrubbing atau luluran," tutur dermathologist, dr Ratna Komala Dewi, SpKK, MKes saat temu media peluncuran formula baru lulur Sumber Ayu di Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Frekuensi
Luluran perlu rutin dilakukan, umumnya dua seminggu sekali. Namun frekuensi luluran sangat bergantung pada aktivitas Anda. Jika sering terpapar sinar matahari, atau banyak keluar ruangan, Anda tentu perlu lebih sering luluran.

"Kulit dari basal sampai mati memakan waktu 28 hari. Luluran bisa sebulan sekali kalau Anda berada dalam kondisi steril. Namun jika banyak beraktivitas di luar ruang, luluran bisa dilakukan sebulan dua kali bahkan seminggu sekali," tutur Ni Made Sri Andani atau akrab disapa Dani, Marketing Director PT Unza Vitalis (Sumber Ayu).

Jika berbulan-bulan tidak luluran, Dani mengatakan kemampuan melepaskan sel mati akan menghilang. AKibatnya kulit mati menumpuk dan penampilan luar terlihat kusam.

Dr Ratna menambahkan, kalau berbulan-bulan tak sempat luluran, perawatan kulit dengan luluran/scrubbing sebaiknya dilakukan bertahap. Luluran pun bisa dilakukan sendiri di rumah sebagai bagian dari ritual mandi misalnya.

"Bisa mulai dua hari sekali, lalu seminggu sekali. Berikan jeda seminggu saat luluran, dan sebaiknya tidak dilakukan setiap hari," ungkapnya.

Menurut dr Ratna, luluran punya peran penting dalam perawatan kulit. Jika pun Anda ingin melakukan chemical peeling untuk mendapatkan hasil lebih maksimal, dr Ratna menyarankan sebaiknya mulai dengan rutin luluran di rumah.

"Saya akan menyarankan scrubbing terlebih dahulu sebelum peeling. Karena kalau kulit mati masih menumpuk peeling akan percuma," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com