Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2013, 16:07 WIB
KOMPAS.com - Bayi mulai menunjukkan senyum sosialnya pada usia 6-8 minggu. Jika lebih cepat dari tahapan ini, tak berarti perkembangan si kecil lebih baik daripada bayi lain. Namun jika pada usia tiga bulan, bayi belum menunjukkan senyum sosial, konsultasikan kepada dokter anak untuk memastikan tidak ada gangguan penglihatan atau gangguan kelekatan psikologis.

Berikut penjelasan Renni H Maika,SPsi, pendiri www.bundadanbayi.com, mengenai tahapan perkembangan senyum sesuai usia bayi:

* Usia 6-8 minggu.
Bayi menunjukkan senyum sosial. Senyum ini dilakukan dengan penuh kesadaran sebagai respons terhadap kemampuannya mengenali wajah orang-orang di sekitarnya. Mau membuktikan? Cobalah gendong bayi dengan posisi wajahnya menghadap kita (dalam jarak kurang lebih 30 cm). Ajak ia berbicara dengan suara pelan dan tersenyumlah. Biasanya bayi pun akan merespons kita.

* Usia 2-3 bulan.
Bayi mulai tertawa saat tersenyum. Seiring dengan semakin berkembangnya penglihatan bayi, orangtua bisa menstimulasi senyumannya melalui interaksi face to face. Perlihatkan berbagai ekspresi wajah lucu agar ia tersenyum.

* Usia 4-6 bulan.
Di usia 4-6 bulan, jika sebuah stimulus yang diberikan mulai berlebihan, bayi akan memalingkan wajah pada saat ia tersenyum. Ini adalah sinyal yang diberikan bayi bahwa ia membutuhkan waktu beristirahat dari aktivitas bercanda yang membuatnya lelah. Biarkan bayi beristirahat, karena memang pada masa ini bayi membutuhkan banyak waktu untuk tidur. Akan tiba masanya di mana Anda bisa puas bersenang-senang dengan si kecil dalam jangka waktu lama.

* Usia 6-8 bulan.
Di atas usia enam bulan, senyuman bayi semakin bervariasi. Sama seperti orang dewasa, semakin lebar senyum bayi berarti semakin senang perasaannya. Terkadang senyum yang disertai tawa digunakan si kecil sebagai bentuk permainan yang menyenangkan.

* Usia 8-9 bulan.
Senyum bayi lebih banyak digunakan untuk membalas senyuman yang kita berikan. Ini merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dengan Anda. Pastikan Anda segera merespons senyum dengan baik.

* Usia 9-12 bulan.
Si kecil dapat lebih mengenali siapa saja dan apa saja yang bisa membuatnya tersenyum, bahkan tertawa. Ia akan tersenyum lebar ketika merasakan suasana senang dan terglitik dengan hal-hal lucu. Ya, bukan hanya tersenyum, ia pun akan tertawa seperti terpingkal-pingkal ketika merasakan atau melihat sesuatu yang lucu. Membacakan buku dengan kisah menarik disertai ekspresi wajah bisa juga membuatnya tersenyum lebar. Selain itu kita bisa mengajaknya bermain dengan permainan seru.

(Tabloid Nakita/Hilman Hilmansyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com