Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2013, 18:56 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Gorengan renyah dan crispy pasti menambah selera makan keluarga. Sayangnya, kalau Anda membuat sendiri gorengannya seringkali tidak renyah seperti di restoran. Kuncinya ada di ketebalan tepung dan juga telurnya.

"Kalau adonan terlalu berat maka gorengan jadi tidak renyah lagi," jelas chef Arnold Poernomo saat peluncuran produk makanan siap saji di Jakarta beberapa waktu lalu.

1. Ketebalan tepung
Baluran tepung kering atau tepung basah yang terlalu banyak akan membuat bagian dalam gorengan tidak matang. Ia menyarankan untuk melapisi isi gorengan hanya dengan dua kali penepungan saja. "Ketebalannya kira-kira dua mili," sarannya.

2. Telur
Celupan isian ke dalam telur akan menambah rasa gurih dari gorengan. Namun, fungsi telur sebenarnya adalah sebagai lem pengikat tepung. "Seharusnya, Anda hanya perlu melumurinya bukan mencelup isian ke dalam kocokan telur. Caranya, ambil isian (misal udang), kemudian letakkan udang ke dalam telur lalu angkat. Lakukan ini dengan cepat," katanya.

Setelah itu, celupkan ke dalam tepung dan goyang-goyangkan agar tepung yang menempel tidak berlebihan. Yang paling penting semua bagian isiannya sudah terbungkus tepung tipis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com