Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Twerkout", Latihan Pengencangan Panggul ala Miley Cyrus

Kompas.com - 03/09/2013, 08:46 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Tarian seronok dan aksi gila mantan putri Disney, Miley Cyrus dalam ajang Video Music Awards 2013 (VMA) beberapa waktu memang membuat banyak orang terpana. Dengan tubuh berbalut bikini lateks berwarna kulit, tarian Miley yang disebut twerking ini menjadi topik hangat di seluruh dunia. Bahkan, istilah ini dimasukkan ke dalam kamus Oxford!

Tak cuma sampai segitu saja kepopuleran twerking. Ternyata gerakan yang dianggap porno ini, sekarang justru diadaptasi menjadi sebuah olahraga baru untuk mengencangkan panggul. Tarian ini dianggap sebagai alternatif menarik untuk membakar kalori.

Pada dasarnya tarian ini mengadopsi posisi squat (jongkok) yang biasa dilakukan di gym. Kemudian, Anda hanya perlu mempertahankan kekuatan kaki selama menggetarkan bokong dengan kuat.

Latihan ini merupakan kombinasi dinamis antara posisi toning dan latihan kardio. Latihan yang disebut sebagai twerkout ini diadaptasi dari kelas olahraga bodyjam yang digabungkan dengan gerakan twerking yang energik.

Les Mills, studio senam, fitnes dan bodypump mengungkapkan bahwa ia mendapatkan beberapa permintaan diadakannya kelas twerkout.

Versi twerkout yang dikembangkan di Les Mills, diklaim bisa membakar 530 kalori per sesi (55 menit). Melalui penelitian yang dilakukannya di tempat ini, twerkers (orang yang melakukan twerkout) akan mengalami peningkatkan kepadatan tulang panggul sebanyak delapan persen dengan latihan rutin.

Dengan peningkatan kepadatan tulang, maka osteoporosis bisa dicegah di kemudian hari. Hal ini berarti bahwa twerkout bisa membantu menghindari patah tulang atau bergesernya tulang pinggul di kemudian hari.

Ingin mencoba twerkout? Dave Kyle memberikan tip-nya untuk mendapatkan tubuh yang bagus dengan twerkout.

1. Lakukan pemanasan dengan gerakan memutar pinggul ke atas, bawah, kiri dan kanan. Ini dilakukan untuk melemaskan sendi dan Anda jadi lebih mudah melakukan twerking.
2. Ambil posisi jongkok (squat) tahan sampai beberapa hitungan. Lakukan gerakan ini berulang-ulang untuk membentuk kekuatan tulang belakang dan bokong yang kuat.
3. Gerakan bokong adalah gerakan kunci twerkout. Pastikan Anda hanya menggetarkan bokong, tanpa menggerakan bagian tubuh yang lain. Ini akan membantu membentuk otot Anda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com