Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partisipasi 48 Desainer Indonesia Di Ajang Miss World 2013

Kompas.com - 04/09/2013, 07:54 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com - Dari beberapa nama desainer yang terlibat dalam ajang Miss World 2013 tersebut, terdapat sejumlah nama desainer top seperti Harry Darsono, Poppy Dharsono, Anne Avantie, Chossy Latu, Sebastian Gunawan, Barli Asmara, Ferry Sunarto hingga Qonita Gholib. Masing-masing, merancang satu hingga tiga gaun.

“Masing-masing desainer kita beri kebebasan berkreasi, dan sekaligus menunjukkan hasil rancangan terbaiknya,” ujar Arief Suditomo, penanggung jawab media dari panitia Miss World 2013, saat dihubungi, Rabu (3/9/2013).

Ajang Miss World yang sudah memasuki tahun ke 63 ini untuk kali pertama digelar di Indonesia. MNC Group bertindak sebagai host untuk 131 kontestan yang masing-masing mewakili negaranya untuk berkompetisi. Perhelatan tahun ini dijadwalkan dibuka pada 8/9/2013 di Bali, dan akan ditutup dengan seremoni Grand Final di Sentul Convention Centre, Sentul, Bogor pada 28/9/2013.

Ditambahkan Arief, sejumlah desainer yang turut serta merupakan keinginan kedua belah pihak. Ada diantaranya yang dimintai secara langsung oleh panitia, ada juga yang menyodorkan diri untuk turut serta berpartisipasi. Tentunya dengan beberapa penilaian, akhirnya 48 desainer ini akan unjuk kebolehan.

Masing-masing desainer memberikan kreativitas terbaik mereka, maklum ini adalah kali pertama Indonesia terpilih sebagai tuan rumah pada ajang akbar Miss World.  Seperti Mangala, desainer asal Padang, Sumatera Barat ini turut merancang gaun untuk kontestan Botswana. Sementara, Poppy Dharsono merancang untuk tiga kontestan, Peru, Ukraina dan Pantai Gading.

“Saya rancang gaun dengan menggunakan renda dari Kota Gadang, hiasan sulaman dan dengan dominasi warna merah, kuning dan hitam,” ujar Mangala berbagi cerita.

Dihubungi terpisah, Harry Darsono pun mengatakan hal yang sama, dia mengaku sedang merancang beberapa gaun untuk para kontestan. “Ada banyak yang saya desain, dan selain itu saya juga ikut terlibat dalam persiapan pertunjukan di Bali, sekarang sedang latihan  dengan gamelan orkestra,” ungkapnya lugas.

“Selain untuk para kontestan dunia, sejumlah desainer juga merancang khusus buat Miss Indonesia yang nantinya menonjolkan sisi kain tradisi dan motif, yang sangat Indonesia,” ujar Arief menambahkan.

Berikut nama desainer yang turut mendandani para kontestan Miss World tahun 2013; Agnes Budhisurya, Amanda Rahardjo, Anna Budiman, Anne Avantie, Ayu Dyah Andari, Barli Asmara, Billy Tjong, Bramanta Wijaya, Chossy Latu, Crystal Clarissa, Devy Ros, Dewi Kumalasari,Dini Prawiti Irawati, Dwi Iskandar, Erika Weinzinger, Ferry Sunarto, Fomalhaut Zamel, Ghea Panggabean, Gladys Sposa, Grace Soenjaya, Harry Darsono, Hengky Kawilarang, Ingrid Husodo dan Intan Tenacious.

Lalu ada Jacob Wiliam, Jacobs Adhitya, Jacqlien Celosse, Julia Sposa, Le Ciel, Linda Mariani, Malik Moestaram, Mangala Iddhi Chandra, Marcellina Gracia, Nancy & Warren, Natalia Soetjipto, Neti Lesmana, Ninette Marasuchi, Oscar Lawalata, Poppy Dharsono, Poppy Karim, Priyo Oktaviano, Qonita Gholib, Sebastian Gunawan, Selvy Ravenda, Sheila & Catherine, Sophie Po, Sposarika.  *

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com