Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2013, 18:44 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com  - Pada bulan Mei lalu, berlian 101 karat sukses laku terjual dilelang Christie's seharga US$ 27 juta, inilah berlian yang disebut-sebut bakal menjadi berlian putih terbesar yang pernah dilelang oleh rumah lelang legendaris tersebut. Acara pelelangan akan digelar di Hong Kong pada 7 Oktober mendatang.
 
Dikutip dari Daily Mail, Kamis (5/9/2013), berlian berbentuk oval tersebut saat ini dipamerkan di Sotheby's New York. Berlian ini diperoleh dari hasil penambangan di Afrika Selatan pada tahun 2011, berat mentahnya mencapai 299 karat, seperti laporan Jewelers Circular Keystone.  Dan, harga jual berlian fenomal ini kabarnya berkisar antara US$ 28 - 35 juta 
 
Berlian sebesar telur ayam ini menjadi berlian yang sedang hangat diperbincangkan, bahkan mengalahkan popularitas berlian biru uang  nan unik, fancy vivid blue, yang dirilis Sotheby's beberapa waktu lalu. Berlian tersebut memiliki berat 7.59 karat dan harga pasaran diperkirakan mencapai US$ 7.59 juta.

Jika diperhatikan dengan saksama, meski beratnya tidak begitu besar dibanding berlian 101 karat, namun harga jualnya nyaris sama. Mengenai hal ini, AB Susanto, pakar dalam bidang lelang dan perhiasan mengungkapkan bahwa berlian biru memang jenis yang unik dan langka di dunia. Jadi, meskipun beratnya hanya kurang dari 8 karat, tetapi susah dicari, sehingga harga jualnya pun melonjak tinggi. 
 
Dengan ditambahnya keberadaan berlian sebesar telur di samping Premiere Blue ini, dipastikan lelang Sotheby's di Hong Kong bakal ramai pengunjung. Dan, hal ini merupakan bagian dari
perayaan 40 tahun Sotheby's di Asia. Bagi Anda para kolektor dan pecinta perhiasaan, sebaiknya jangan lewatkan perhelatan momentum ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com