Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2013, 19:27 WIB
Rahman Indra

Penulis


KOMPAS.com - Sesekali cobalah lihat siapa saja yang ada dan terlibat dalam pekerjaan yang sedang Anda jalani. Ada bos, rekan kerja, asisten dan lainnya. Menurut Kerryann Benjamin, divisi sumber daya manusia Goldman Sachs di New York, menjalin hubungan baik dengan semua pihak akan membuat karier Anda berjalan mulus dan akan berdampak positif pada kemungkinan promosi atau naik jabatan.

Ada dua hal utama yang dapat dilakukan, yakni manage up dan manage down. Maksudnya bagaimana belajar dari atasan untuk kemudian menjadi praktek ketika mendapat promosi naik jabatan.

Pelajari apa yang dibutuhkan oleh atasan dengan baik. Pimpinan selalu punya ekspektasi terhadap apa yang sedang Anda kerjakan. Menurut Stephanie Mueller, dari perusahaan komunikasi di Washington, AS, mengerjakan serta memenuhi ekspektasi yang diinginkan oleh atasan akan memberi nilai positif pada diri Anda.

Pahami kelemahan pimpinan. Amy Rutkin, kepala staf US  Representative Jerrold Nadler mengungkapkan, kalau dirinya akan menuntaskan pekerjaan dengan baik ketika ia memahami idealisme pimpinan dan profesionalitas kerja. Sebagai contoh, dalam setiap event, pimpinan selalu menyebar kartu nama dan menjalin jaringan. Suatu kali dia telat, Anda baiknya memulai percakapan dan menyebar kartu nama pada klien. Dan begitu dia datang, semua orang akan senang.

Tahu bahwa pimpinan juga butuh masukan atau feedback. Bagaimanapun pimpinan Anda tetaplah manusia biasa, yang tak lepas dari kesalahan. Ara Katz, pendiri salah satu perusahaan e-commerce mengungkapkan pimpinan atau bos walaupun memberi arahan atau komando bukan berarti dia sepenuhnya benar. Jika dia bagus, tidak ada salahnya dipuji namun jika memang ada yang kurang sampaikan tanggapan dengan baik.

Tunjukkan rasa antusias. Perempuan biasanya kadang enggan menonjolkan diri. Sehingga, misalnya ada satu proyek atau kerjaan, mereka lebih banyak diam dan membiarkan kolega yang lain melakukannya. Padahal tidak masalah jika harus menunjukkan antusiasme terhadap sesuatu. Bicaralah dengan lantang, baik mengenai pekerjaan ataupun kebijakan perusahaan.

Untuk manage down, atau menjalin hubungan dengan rekan kerja atau bawahan, misinya adalah tetap rendah diri dan berbaur.

Beri perhatian lebih. Dengan mengenal, memahami dan memberi perhatian terhadap orang lain akan membuat mereka bekerja lebih giat. Ketika Anda mendapat promosi naik jabatan, ini bisa diterapkan pada rekan kerja atau bawahan Anda. Beri mereka masukan dan saran yang diperlukan

Arahan jelas. Ketika diangkat menjadi supervisor misalnya, maka Anda harus membuat semua pekerjaan atau job desk menjadi jelas. Buat target, set waktu untuk proses peningkatan dan bicarakan langkah-langkahnya dengan baik.

Berbaur. Ketika menapaki jabatan baru bukan langsung jadi ekslusif dan tidak lagi bersosialisasi. Sesekali bergabunglah dan ikut dalam kegiatan di luar pekerjaan.

Jangan kirim surat elektronik dalam keadaan stres. Di saat Anda menulis email bayangkan jika Anda sendirilah yang akan menerima surat itu. Karenanya, jangan menulis surat elektronik dalam keadaan tertekan atau emosional. Kalaupun misalnya pernah kirim email yang buruk, segera kirim surat berikutnya untuk memperbaiki isi email sebelumnya yang dirasa kurang pantas! Bila perlu berbagi semangatlah pada teman satu tim, saat proyek yang dikerjakan berhasil atau sukses. *

Sumber: Glamour

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com