Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin dapat Promosi? Berpakaian seperti Bos Anda!

Kompas.com - 06/09/2013, 19:06 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com - Meniti karir untuk mencapai kedudukan tertinggi bukan hanya dilihat dari manajemen waktu dan sukses memenuhi target kerjaan. Menurut penelitian baru, rahasia agar memdapatkan promosi jabatan di perusahaan tempat Anda bekerja yaitu dengan berpakaian seperti atasan Anda.

Penelitian ini menemukan mayoritas manajer ( 68 persen ) mendapatkan kesadaran bahwa stafnya telah berpakaian mirip seperti mereka. Studi ini juga menunjukkan pepatah lama , berpakaianlah sesuai dengan pekerjaan yang Anda inginkan, bukan dikarenakan yang Anda miliki. Dan sepertinya, hal itu memiliki unsur kebenaran .

Hal ini telah menyebabkan tren baru di kantor yang disebut “work twins”, penelitian ini dilakukan oleh Debenhams, dan menjadi pengetahuan baru  yang menarik bagi para karyawan di berbagai perusahaan Inggris.

Survei terhadap 2.000 orang menunjukkan bahwa enam dari 10 ( 61 persen), mengatakan berpakaian seperti rekan kerja mereka dapat menciptakan semangat tim yang lebih baik dan tingkat produktivitas yang lebih tinggi .

Setengah dari mereka ( 54 persen ) mengatakan bahwa mereka sangat dipengaruhi oleh apa yang manajer dan rekan kerja mereka pakai untuk bekerja. Sementara, sepertiganya ( 33 persen ) mengatakan tim kerja mereka sengaja membeli pakaian yang sama dan berencana untuk memakainya pada hari yang sama .

32 persen orang yang disurvei menemukan diri mereka sengaja berpakaian seperti rekan kerja mereka rata-rata dua sampai tiga hari per minggu. Ini menjadi alasan bagi mereka agar dapat menghabiskan banyak waktu bersama-sama .

"Kecenderungan untuk meniru berpakaian sama di kalangan para pekerja terus meningkat dan sekarang menjadi lelucon di sebagian besar kantor-kantor saat rekan kerja mereka muncul dengan mengenakan pakaian yang sama," kata juru bicara Debenhams.

Ia menambahkan, standar ini biasanya diatur oleh atasan mereka terhadap gaya apa yang diharapkan untuk tampil saat bekerja dan kemudian seluruh tempat kerja mengikutinya.

Psikolog dari University of Hertfordshire, Dr Karen Pine mengatakan, manusia cenderung tertarik pada orang-orang yang seperti mereka, karena perbedaan dapat dirasakan sebagai ancaman. Orang-orang merasa aman ketika mereka berpakaian sama.

"Mereka sinyal kebutuhan yang dimiliki dalam kelompok. Sebuah tim yang memilih gaya pakaian yang sama untuk bekerja menunjukkan kekompakan mereka. Hal ini mungkin mencerminkan budaya kolaboratif yang lebih luas dalam organisasi atau kebutuhan tinggi untuk kesesuaian,” lanjutnya.

Sementara itu, dalam hal ini atasan lebih sering mengangkat dan mempromosikan orang-orang yang seperti mereka. Pakaian menunjukkan siapa kita dan seperti apa kita terlihat. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa pakaian juga dapat mengubah kepribadian pemakainya.

"Jadi berpakaian seperti bos Anda dapat membawa perilaku kepemimpinan seseorang.” kata juru bicara Debenhams menegaskan.

Anda bisa mengatakan bahwa orang-orang yang berpakaian seperti atasan mereka, telah menemukan cara menarik namun cerdas untuk mendapatkan perhatian dan diterima.

Desainer di Debenhams, Be de Lisi, mengatakan, “Kunci tren musim ini ada pada warna merah untuk tampilan yang kuat. Warna itu adalah cara sempurna untuk mencerahkan setiap penampilan pakaian kerja Anda.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com