Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2013, 16:13 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Menjadi orangtua tak ada sekolahnya. Pengalaman pribadi dan belajar dari pengalaman orang lain atau mencari referensi dari ahli merupakan pilihan cara orangtua baru, untuk mendapatkan informasi tepat demi menjawab segala pertanyaan seputar pengasuhan anak.

Banyak cara untuk mendapatkan referensi pengasuhan anak dari pengalaman orangtua lain atau penjelasan ahli seperti dokter anak dan psikolog. Yang paling mudah adalah lewat internet, baik pemberitaan, komunitas online, maupun media sosial. Namun satu hal yang tak tergantikan adalah mengikuti talkshow seputar parenting. Lewat diskusi temu muka, para orangtua muda bisa konsultasi langsung dengan ahli juga mendapatkan lebih banyak pengalaman pengasuhan.

Brawijaya Women and Children Hospital melihat kebutuhan akan talkshow parenting ini sejak 2006. Talkshow yang berlangsung setiap akhir pekan ini pun semakin banyak menarik peserta. Setiap minggunya, semakin banyak orangtua muda yang datang bersama anak-anaknya, untuk mencari ilmu dan pengalaman dalam pengasuhan.

"Pesertanya 70 persen pasien Brawijaya. Selebihnya biasanya anggota dari sponsor yang mengisi acara. Mereka datang sebagai undangan jadi tidak perlu membayar apa pun untuk bisa ikut talkshow atau gratis," tutur Wiwin Dewiarsih, SE, Marketing Officer BWCH kepada Kompas Female seusai talkshow bertema, “How Parents Role in Play Activities to Enhance Toddler Development” berlangsung di Ruang Auditorium Lt. 2 Brawijaya Women and Children Hospital, Jakarta, Sabtu (7/9/2013).

Selain mendatangkan ahli, tema yang bervariasi setiap minggunya, membuat talkshow rutin ini selalu penuh dengan para orangtua muda yang butuh tambahan informasi. Jarak rumah yang jauh, waktu talkshow yang berlangsung sejak pagi hingga siang hari ini juga tak menjadi kendala.

Finish Ianty, 31, misalnya datang bersama suami dan dua anak perempuannya, tiga tahun dan 10 bulan, dari rumahnya di Sunter Jakarta Pusat.

Finish mengaku sering mengikuti talkshow parenting, umumnya yang berlangsung di rumah sakit dan menghadirkan dokter anak. Selain di Brawijaya Women and Children Hospital, Finish juga sering mengikuti talkshow parenting di RS Hermina.

"Asal mau datang pagi-pagi atau jauh-jauh, bisa dapatkan pengalaman dari orang lain. Pengalaman orangtua itu yang bikin talkshow beda dibandingkan baca berita misalnya," ungkapnya.

Bagi Finish,  mengikuti talkshow pengasuhan anak membantunya untuk mengatasi kekhawatiran apakah pola asuh yang dilakukannya sudah benar atau tidak.

"Saya ingin tahu karena awam soal mendidik anak. Apakah sesuai jalur atau tidak. Kalau talkshow, informasi lebih terbuka, bisa sharing dengan dokter juga pengalaman orang lain," tuturnya.

Meski telah memiliki dua anak, baginya ilmu parenting tetap perlu ditambah. "Anak pertama berbeda dengan anak kedua, beda ilmunya juga," ujarnya.

Hal serupa dialami Anggawani, 39. Ibu satu anak ini bahkan rutin mengikuti talkshow sejak hamil. Ia mengaku mendapatkan banyak pengetahuan darinya.

"Ilmu parenting juga bisa banyak didapat dari talkshow, nggak harus konsultasi dokter. Saya banyak belajar dari pertanyaan peserta, dari pengalaman mereka," ungkapnya.

Selain belajar dari pengalaman peserta lewat sesi tanya jawab yang tak pernah sepi di talkshow parenting ini, Angga juga bisa memelajari kembali pengetahuan dari ahli lewat modul yang diberikan.

Angga pun tak datang sendiri tapi ditemani suami dan anaknya. Datang bersama keluarga juga mempermudah orangtua untuk bisa fokus menyerap pengetahuan pengasuhan anak.

"Karena harus bawa anak, jadi saat talkshow bisa gantian, ada yang jaga anak ada yang menyimak isi talkshow-nya," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com