Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2013, 17:19 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Hubungan emosional ibu dan anak memang lebih kuat. Pasalnya, ibu sudah lebih dahulu membina emosi dengan anak sejak masih dalam kandungan. Alhasil, ibu dalam pengasuhan pun menjadi lebih dominan.

Meski begitu, bukan berarti ayah tak mendapatkan kesempatan untuk memiliki kedekatan emosional dengan anak. Justru, kondisi ini menjadi tantangan buat para ayah agar lebih aktif memperbanyak komunikasi dengan anak.

"Di luar negeri, ibu dominan tapi bapak juga aktif. Secara naluriah, ibu orang yang mengandung anak, akan punya kedekatan emosional lebih kuat dengan anak. Tapi bukan berarti ayah tidak bisa meski memang kalah start," ungkap sosiolog, Imam B Prasodjo, PhD, di sela diskusi media Nutritalk di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Imam, ayah perlu mengejar ketertinggalannya dari ibu dalam membangun kedekatan dengan anak.

"Ayah harus 'bayar utang', mengejar, dengan memperbanyak komunikasi bersama anak," lanjutnya.

Selain ayah perlu lebih aktif berkomunikasi, kerjasama orangtua sebagai tim dalam pengasuhan anak juga penting.

Ayah dan ibu juga harus melakukan pembagian komunikasi. Imam menjelaskan, komunikasi ayah dan ibu kepada anak perlu memberi perhatian atau penekanan pada hal yang berbeda.

Menurut Imam, peran ayah dan ibu sebagai tim dalam keluarga penting. Tanpa berperan sebagai tim, ayah dan ibu akan menjalankan pengasuhan sendiri-sendiri. Akibatnya anak tidak mendapatkan perhatian penuh dari kedua orangtuanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com