Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2013, 07:32 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Ibu biasanya paling memikirkan penampilan seluruh anggota keluarganya, apalagi saat akan pergi bersama atau menghadiri acara khusus. Alhasil, urusan penampilan anak pun ibu yang mengaturnya. Jika ini yang terjadi, ibu harus mulai mengubah kebiasaan mengatur penampilan si kecil, terutama saat usianya tiga tahun.

Urusan memilih pakaian bukan semata bicara selera, tapi ada kaitannya dengan tahapan tumbuh kembang anak. Pada usia tiga tahun, anak sedang mengembangkan keterampilannya menentukan pilihan sederhana. Salah satunya memilih baju yang ingin dipakainya hari itu.

"Di sinilah pentingnya peran orangtua. Jangan marahi anak kalau ia pilih baju sendiri misalnya. Kalau memaksakan kehendak anak jadi tidak mandiri. Nantinya, anak akan selalu meminta pendapat orangtuanya karena pada usia ini, ia tidak dilatih menentukan pilihan sederhana sendiri," ungkap dokter anak, dr Attila Dewanti, SpA(K) Neurologi saat talkshow parenting di Brawijaya Women and Children Hospital Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut dr Attila, pada usia tiga tahun anak cenderung akan memilih baju yang ia paling sukai. Jangan heran jika kemudian anak hanya akan memilih satu baju favoritnya, dan ia pakai berulang kali.

"Pada usia ini anak sedang berimajinasi, senang bermain peran. Jadi kalau sering pakai baju yang itu-itu saja, jangan dimarahi. Misalnya anak pakai baju yang membuatnya merasa seperti puteri,  bisa jadi ia sedang berimajinasi peran tertentu, yang memang wajar terjadi pada anak usia ini," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com