Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin yang Baik Bukan Jaminan Sukses Tim Kerja

Kompas.com - 10/09/2013, 07:33 WIB
Deasy Syafrina

Penulis

Kompas.com- Kesuksesan suatu perusahaan tidak hanya tergantung dari pimpinan yang mumpuni saja, tapi juga karena kekompakkan seluruh personil tim kerja. Visi dan misi yang menyatu akan memuluskan pencapaian bersama.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh J. Richard Hackman, Harvard University, mengatakan bahwa yang membedakan kesuksesan dari kegagalan adalah bagaimana pimpinan mengatur dan mengelola tim itu sendiri, salah satunya dengan mengakomodir kebutuhan tim dengan baik.

“Di sisi lain, pemimpin harus mampu mengarahkan para anggota tim untuk bisa bekerjasama. Sebab, suatu tim kerja hanya akan berhasil jikalau masing-masing personilnya saling terhubung dengan satu benang merah, yakni tujuan yang sama” ujar Hackman.

Untuk menghindari perselisihan yang mengancam keutuhan tim, sebaiknya kebutuhan masing-masing sumber daya diperhatikan, kemudian dipenuhi. Lalu, pembagian tugas juga harus jelas, agar tidak terjadi role of ambiguity yang sering menimbulkan konflik.

Baru selanjutnya diperlukan seorang pimpinan yang layak dan memiliki kemampuan mengkoordinasikan, juga memberikan motivasi kepada para anggota. Karena, tanpa semangat dari setiap orang yang terlibat, maka harapan untuk mencapai tujuan awal akan berakhir sia-sia.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com