Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2013, 11:51 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Garis-garis putih yang ada dilipatan tubuh, atau yang disebut selulit memang terlihat sangat mengganggu penampilan. Apalagi kalau Anda sedang menggunakan gaun seksi, baju renang atau bikini, kehadiran guratan ‘nakal’ tersebut bisa menjadi momen yang memalukan.

Beragam jenis krim dan metode penghilang selulit memang sudah banyak ditawarkan di pasaran.Kini, salah satu metode terbaru yang diklaim bisa menghilangkan selulit adalah hydrofit.  Metode ini  sebenarnya termasuk dalam satu jenis aqua fitness atau olahraga di dalam air.

Konsepnya sederhana saja,  hydrofit ini mirip seperti naik sepeda di dalam jacuzzi atau bak mandi yang penuh sabun. Latihan ini diklaim sempurna untuk Anda yang ingin menghilangkan selulit tapi memiliki sendi yang lemah dan tidak memungkinkan berolahraga menggunakan treadmill.

Gerakan seperti mengayuh sepeda di dalam bak mandi ini, dianggap sangat efektif untuk meningkatkan kebugaran terutama untuk jantung (olahraga kardio) sekaligus membantu membakar kalori. Rata-rata kalori yang terbakar dalam 45 menit mencapai kisaran 450 kalori.

Hydrofit melibatkan sepeda statis dan dilakukan secara pribadi di dalam bak mandi. Anda harus menggunakan celana pendek untuk melindungi kaki dari gesekan pelana, sepatu karet agar tak tergelincir.

Metode ini berasal dari Italia, namun dikenalkan oleh seorang petenis Perancis bernama Delphine Riahi Botbol. Awalnya alat ini digunakan sebagai alat rehabilitasi di rumah sakit dan klinik di Perancis.

"Dokter-dokter di sana melihat pasien mereka memakainya untuk rehabilitasi. Akan tetapi nyatanya mereka melihat adanya efek samping yang tak terduga," jelas Delphine. Setelah melakukan metode ini, warna kulit para pasien jadi lebih cerah dan selulit mereka pun menghilang.

Seiring perkembangan waktu, alat ini digunakan sebagai produk komersial dan tersedia di berbagai spa di Perancis sejak tiga tahun lalu. Karena banyak manfaatnya,metode ini pun mulai diperkenalkan ke berbagai negara lainnya.

Metode penggunaan hydrofit
Ketika melakukan "olahraga" ini, Anda akan diajak masuk ke dalam ruangan. Anda akan dimanjakan dengan pelayanan hiburan nirkabel melalui layar televisi dan headphone mewah. Tak lama kemudian, bak mandi ini akan diisi dengan air ozon dan antiseptik.

"Air yang diisi ke dalam bak memiliki pengaturan yang berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan klien. Jika ingin lebih berkeringat , air bisa diatur menjadi lebih hangat, cara ini bermanfaat untuk detoks tubuh. Bila ingin merehabilitasi kondisi tubuh dan kulit, paling efektif dengan berolahraga di sepeda statis” katanya.

Air diisi sampai setinggi pinggang. Kemudian gelembung air akan terbentuk akibat dari pompa udara yang ada di beberapa celah. Rasanya mungkin sedikit mirip naik sepeda sembari jacuzzi. Gelembung air ini berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan ketahanan tubuh, dan merangsang drainase limfatik yang lebih baik.

Hydrofit juga menggunakan terapi warna (chromatherapy). Ini didasarkan pada teori bahwa tujuh warna pelangi berhubungan dengan tujuh cakra internal tubuh, dan ini berfungsi untuk menyeimbangkan kondisi mental seseorang. Bersepeda di dalam air memang terasa lebih berat, inilah yang akan membantu Anda membentuk otot, membakar kalori dan juga melancarkan sirkulasi darah dan menghilangkan selulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com