Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2013, 13:58 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com - Tepat pertengahan September tahun lalu, Nina Septiani tersenyum sumringah saat Dika Restyani (Muslimah Beauty 2011) menempatkan Crown of Modesty di kepalanya. Senyum itu masih tetap sama, hanya saja kali ini ia akan memberikannya pada muslimah yang bakal menjadi penggantinya. 
 
"Rasanya waktu itu bahagia sekali, bisa menang apalagi terpilih sebagai duta muslimah, sekarang sudah saatnya yang baru untuk meneruskan apa yang sudah dimulai," ujarnya saat ditemui di fX Sudirman, Jakarta, Selasa (10/9/2013).
 
Selama kurang lebih setahun menjabat sebagai Duta Muslimah Dunia, Nina mengaku banyak mendapati pengalaman baru. Dari mulai melihat kehidupan muslimah lain yang kurang beruntung, hingga menerima banyak masukan dan kritik darivpublik. 
 
"Saya masih perlu banyak belajar, jadi muslimah itu banyak tantangannya," ujar perempuan berusia 23 tahun ini. 
 
Tantangan yang dimaksud Nina di antaranya ketika masih banyaknya ekspektasi dan batasan yang disematkan pada perempuan berjilbab. Mulai dari cara berpakaian hingga sikap. Semua dipantau dan dinilai. 
 
"Ada juga yang nanya soal agama, kalau saya tahu, dijawab, namun ada beberapa yang terlalu mendalam dan ada yang lebih tepat untuk menjawabnya," ungkap Nina. 
 
Selama menjabat, lulusan public relation Universitas Al Azhar tahun 2011 ini mengaku melakukan riset tentang kehidupan muslimah. Riset inilah yang kemudian akan diteruskan oleh finalis yang nantinya terpilih jadi pemenang.
 
"Tahun ini akan berbeda dari sebelumnya, dulu kita fokus di World Muslimah Beauty sekarang memilih World Muslimah yang fokus pada misi sosial dan kemanusiaan," ujarnya. 
 
Dengan perubahan itu maka peran duta muslimah dunia menjadi lebih nyata dan bermanfaat buat orang banyak. Menariknya, para peserta tahun ini bertambah dan menjadi bukti makin diminati. 
 
Walau akan menyerahkan mahkotanya pada pemenang World Muslimah 2013, Nina mengaku dirinya masih akan tetap mendampingi untuk beberapa agenda. Jadi, kata dia, tugas belum sepenuhnya selesai. 
 
Malam final pemilihan World Muslimah ini akan berlangsung di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, pada 18 September 2013. Anda juga bisa turut berpartisipasi dengan memilih The Most Favorite World Muslimah 2013 lewat vote di http://kom.ps/worldmuslimah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com