Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2013, 18:12 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com — Meski media sosial bersifat personal, bukan berarti si bos tidak bisa memantaunya. Status terbaru yang Anda tuliskan, atau percakapan mengenai kebiasaan buruk teman kerja, bisa menjadi catatan si bos dalam mengevaluasi kinerja Anda. Nah!

Berikut 10 hal yang dilakukan atasan, tetapi tidak disampaikan secara lisan:

1. Apa yang dilakukan di luar jam kerja bisa jadi persoalan.

Edith Onderick Harvey, presiden Factor in Talent, mengungkapkan bahwa atasan Anda bisa saja terpengaruh dengan apa yang Anda tulis pada akun media sosial, entah itu tentang bagaimana Anda mengisi akhir pekan, atau membicarakan rekan kerja yang lain.

2. Sikap Anda sama penting dengan tugas yang diselesaikan.

Tanpa mereka sampaikan, manajer atau bos Anda selalu memperhatikan gerak gerik dan bagaimana Anda bersikap. Pekerjaan bisa jadi tuntas, tetapi bagaimana tugas itu diselesaikan, juga termasuk penilaian yang mungkin Anda abaikan. Jika dia tahu Anda bersikap jelek dan kasar terhadap sesama rekan kerja, bisa jadi nilai Anda turun di matanya.

3. Berani angkat bicara.

Patty Briguglio, presiden MMI Public Relations di North Carolina, mengatakan ia menyukai karyawan yang menunjukkan karakter, tanpa harus jaim atau jaga image. Jika ada yang ingin promosi, beranilah menyampaikan, diikuti dengan peningkatan performa tentunya. Selama Anda merasa benar dan tidak menyalahi aturan, jangan takut bicara.

4. Inisiatif bertanya.

Dalam komunikasi via telepon atau surat eletronik, tidak ada salahnya bertanya jika ada yang tidak dimengerti. Lauren Mackler, pakar karier mengungkapkan, bertanya akan hal yang tidak dimengerti, menjadikan tugas yang dikerjakan jadi lebih mudah dijalani.

5. Beri laporan.

Bisa jadi si bos tidak meminta Anda untuk selalu mengirim laporan akan perkembangan, atau update terbaru. Namun, usahakan saat sebuah proyek besar usai, dan Anda ingin ucapkan selamat kepada seluruh tim, tidak ada salahnya menyertakan pimpinan. Memberi detail yang jelas akan mempermudah komunikasi Anda dan si bos.

6. Berpakaian yang tepat

Pimpinan Anda bisa jadi tidak akan menegur secara langsung, tetapi berpakaian yang tepat dapat melancarkan datangnya promosi jabatan. Usahakan untuk selalu tampil representatif, dengan berpakaian rapi dan bersih, menunjukkan bahwa Anda memiliki standar etika yang baik.

7. Jalin komunikasi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com