Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2013, 10:12 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky
KOMPAS.com - Paparan sinar matahari, polusi, pengeritingan dan pelurusan rambut pasti bisa merusak rambut Anda. Selain merusak, semua hal ini akan menghilangkan kilau rambut. Salah satu cara paling mudah untuk menyehatkan dan mengembalikan kilaunya adalah dengan mayones.

Mayones mengandung  varian bahan sehat seperti minyak alami dan kuning telur yang kaya protein. Selain itu, mayones juga mengandung cuka yang bisa mengembalikan pH rambut rusak. Hanya saja, pastikan Anda memilih mayones yang tepat. Hindari menggunakan mayones bebas lemak atau pengganti mayones lain.

Berikut langkah-langkah menggunakan mayones untuk menyehatkan rambut.

1. Basahi rambut Anda dengan air hangat. Tetapi jangan sampai basah kuyup, Anda cukup membuatnya sedikit lembab.
2. Oleskan mayones ke rambut Anda, sama seperti saat menggunakan kondisioner. Oleskan mulai dari akar sampai ujung rambut.
3. Jumlah mayones yang digunakan ini tergantung pada panjang dan ketebalan rambut Anda.
4. Jika merasa tak nyaman dengan bau mayones yang menyengat, Anda bisa menambahkan satu sendok makan esktrak vanili ke dalamnya sebelum dioles ke rambut.
5. Bungkus rambut dengan shower cap. Diamkan selama 10-20 menit. Hal ini dilakukan agar rambut terkena panas dari suhu tubuh. Suhu panas ini akan membantu membuka pori-pori kepala sehingga ekstrak mayones bisa meresap ke dalam kulit kepala dan helaian rambut.
6. Jika ingin perawatan lebih maksimal, di 15 menit pertama, Anda bisa membungkus rambut dengan menggunakan handuk panas selama 30-40 menit.
7. Kemudian, cuci rambut dengan menggunakan sampo. Hanya saja, karena tekstur mayones yang sedikit lengket, biasanya tidak akan hilang dalam satu kali keramas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com