Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mel Ahyar Siapkan Koleksi Adibusana Bertema Wayang

Kompas.com - 13/09/2013, 10:12 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com - Ditemui disela-sela workshop fashion, desainer Mel Ahyar memberi sedikit bocoran akan persiapan koleksi terbarunya yang akan digelar pada 8 Oktober mendatang. Untuk kali pertama dia akan bermain motif dan mengambil tema wayang golek.
 
"Sekarang motif atau printing lagi tren, dan kenapa tidak, saya coba bikin kreasi baru," ujarnya lugas saat ditemui di Tanah Abang, Jakarta, Kamis (12/9/2013).
 
Menurut Mel yang saat ini sedang hamil lima bulan, persiapan untuk koleksi ini cukup menantang. Semua koleksi masih didominasi couture, dan ada juga yang pret-a-porter deluxe. Tema wayang atau the puppets tak lain karena dia ingin mengangkat sesuatu yang khas dari Indonesia. 
 
Ketika bergelut dengan adibusana dan evening dress, pemilihan bahan kemudian menjadi lebih penting buat Mel. Karena selain bahannya berkualitas, proses pengerjaan dengan tangan akan sangat membutuhkan ketelitian dan waktu cukup panjang. 
 
Selama ini, pembuatan adibusana punya pelanggan dan peminat khusus. Biasanya mereka datang dari pengusaha daerah dan atau eksekutif muda dan pembuatannya dilakukan berdasarkan pesanan. Untuk adibusana, Mel tak mau main di area yang karenanya kemudian ada eksklusivitas dan harganya juga cukup mahal, di atas 15 juta rupiah. 
 
Namun, untuk menjangkau mereka yang menggemari karyanya, tetapi menghadapi kesulitan dalam mengorder, Mel mengatakan ada beberapa item pret-a-porter deluxe yang saat ini ada di Galeries Lafayette, Pacific Place, Jakarta. Sejauh ini cukup diminati, dengan harga yang berkisar dari tiga sampai 15 juta rupiah. 
 
Sementara, koleksi ready to wear atau siap pakai miliknya di bawah label Happa, sudah menarik perhatian Sophie Paris. Mulai tahun depan, beberapa koleksi rancangannya akan hadir di katalog. 
 
"Happa akan menjadi produksi massal, dan akan mudah diakses buat mereka yang menyukai karya rancangan saya," ujar Mel. 
 
Kembali lagi ke karya rancangan terbarunya yang mengambil motif cetak wayang, Mel menuturkan akan mengawalinya dengan sekitar 35-40 koleksi. Motif wayang yang seperti apa, Mel mengelak menjawab. "Tunggu saja, buat kejutan", ujarnya sembari tersenyum.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com