Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Perancang Asia Membuka London Fashion Week 2014

Kompas.com - 14/09/2013, 19:43 WIB
D. Syafrina Syaaf

Penulis

Kompas.com- J.JS Lee, brand milik Jackie Lee, perempuan kelahiran Seoul, Korea, membuka parade London Fashion Week 2014 (LFW), dengan menampilkan koleksi terbarunya yang terinspirasi dari hewan laut, ubur-ubur.

 “Awalnya saya menemukan sebuah foto ubur-ubur warna merah muda. Karena takjub dengan keindahannya, saya segera bertandang ke London Aquarium untuk melihat mereka berenang” ujar perancang bertubuh mungil ini seperti yang dilansir oleh The Telegraph.

Atas kekagumannya dengan ubur-ubur, terciptalah rangkaian busana ready to wear. Berbagai blazer kasual, atasan panjang menutupi setengah bokong, celana capri dan gaun midi, serempak ditampilkan. Benang merah dari masing-masing koleksi adalah kenyamanan!

Karena menurut Lee, ubur-ubur yang menjadi inspirasinya selalu berenang dan bebas bergerak . Dan konsep itulah yang ia tuangkan pada rancangannya musim ini, kesederhanaan yang secara tak terduga berganti peran menjadi pusat perhatian. Meskipun begitu, kentara sekali bahwa lulusan Royal College of Art ini menginginkan sorot mata publik terarah pada kontras warna merah muda dan putih gading yang berbaur romantis pada koleksi utamanya.

Saat masih kuliah, Lee merupakan salah satu mahasiswi dengan kemampuan  memotong pola dan menjahit terbaik. Maka dari itu, busana hasil rancangan Lee memang dikenal nyaman. Menurutnya, ia ingin agar siapapun yang mengenakan busananya, merasa mendapatkan apa yang mereka bayarkan.

Perancang Asia lainnya yang turut membuka LFW 2014 adalah Eudon Choi, kelahiran korea dan lulusan dari almameter yang sama dengan Lee. Choi menampilkan koleksi musim panas dengan gaya rancang minimalis, permainan garis-garis artistik dan siluet ketat yang menggoda.

Presentasi Princess Deokhye, yang juga berdarah Asia, menampilkan konsep kreasi yang menyatukan kesederhanaan sekaligus elegansi di atas akar feminitas yang modern. Label miliknya ini masih terbilang pemula, namun sudah mulai diulas dan diamati oleh berbagai majalah fashion dan gaya hidup di London. Diprediksi memiliki potensi besar untuk berhasil di pasar komersil.  

Pada hari pertama, panggung LFW 2014 diinvasi oleh 11 perancang busana dari Asia, mereka hadir mewakili The Royal Opera House. Organisasi yang dibentuk oleh universitas tempat para perancang ini menimba ilmu, Royal College of Art.

Sebagian besar dari mereka bersekolah dan tumbuh dewasa di sana. Oleh karenanya tak heran, hasil akhir dari  rancangan mereka, masih bernapaskan dinamisme seorang perancang adibusana tersohor dari London, yang juga lulusan Royal College of Art, yakni Alexander McQueen (1969 – 2010).

Sumber : The Telegraph

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com