Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2013, 13:47 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber parentdish

Kompas.com - Memiliki anak merupakan babak baru dalam kehidupan seorang pria. Kehadiran si buah hati bukan hanya membuktikan "kejantanannya", tapi juga membuatnya merasa lebih tampan.

Paling tidak hal tersebut terungkap dalam survei yang dilakukan terhadap 182 pasangan di Amerika. Mereka diwawancara setelah menikah, kemudian pada perayaan ulangtahun pernikahan pertama dan kedua.

Dalam periode tersebut, 48 pasangan memiliki anak. Hasil survei menunjukkan wanita yang belum diberi momongan merasa lebih menarik dari waktu ke waktu, sedangkan para suami merasa kurang menarik.

Sebaliknya, pria yang sudah mendapatkan bayi merasa lebih percaya diri. Mereka juga merasa lebih tampan dan lebih manarik.

Ketua peneliti, Alicia Cast mengatakan, jika para ibu setelah melahirkan justru harus menghadapi perubahan bentuk tubuh, para pria justru merasa maskulinitas mereka dibuktikan dengan hadirnya bayi.

"Ibu yang baru memiliki anak sering kaget dengan perubahan bentuk tubuhnya dan lamanya waktu untuk kembali ke bentuk tubuh semula. Hal ini membuat mereka merasa kurang menarik dan lebih sering mengkritik diri sendiri," kata Cast.

Bagi para ayah baru, kehadiran bayi meningkatkan rasa maskulinitas yang berdampak pada meningkatnya rasa kepercayaan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com