Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2013, 16:11 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber BABYCENTER

Kompas.com - Kulit bayi baru lahir sangatlah lembut dan rentan. Di awal kehidupannya ini, seiring dengan perkembangan sistem kekebalan tubuhnya, pilihlah produk perawatan kulit yang paling lembut dan memang diformulasikan khusus bayi.

Tetapi jika kulit bayi mengalami alergi, kering, atau eksim, segeralah konsultasikan ke dokter sebelum Anda memilih produk perawatan yang dijual bebas.

Berikut adalah beberapa produk perawatan kulit yang diperlukan bayi.

- Sabun dan shampo
Pilihlah produk dengan kelembutan yang sesuai dengan kulit bayi. Berhati-hatilah memilih produk sabun karena beberapa bahan dalam sabun bisa membuat kulit menjadi kering.

- Baby lotion
Membantu melembabkan kulit bayi. Tetapi produk ini pada umumnya tidak terlalu diperlukan bayi baru lahir, kecuali jika kulitnya tampak sangat kering.

- Petroleum jelly
Produk ini bisa dipakai untuk mengatasi ruam popok atau mencegah iritasi pada bayi laki-laki setelah disunat.

- Baby oil
Produk ini sudah menjadi bagian dari perawatan kulit bayi sejak lama. Penggunaannya bukanlah untuk melembabkan karena kulit bayi baru lahir biasanya kurang bisa menyerap baby oil.

- Detergen khusus bayi
Berbeda dengan produk detergen biasa, detergen khusus bayi biasanya bebas parfum dan pewarna.

Untuk menjaga kesehatan kulit, pastikan kulit bayi selalu dalam kondisi bersih. Mandikan bayi dua kali sehari dan segera bersihkan bagian genital bayi setiap kali ia pipis atau buang air besar. Kotoran dan air kencing yang kontak terlalu lama dengan kulit bayi bisa menyebabkan iritasi.

Perhatikan pula perlengkapan yang digunakan, entah itu pakaian, handuk, seprai, kosmetik, atau hal-hal lain yang bersentuhan langsung dengan kulit si kecil. Pastikan kebutuhan bayi tersebut dalam keadaan bersih saat digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BABYCENTER
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com