Senin, 22 September 2014
Home / Diet /
Deddy Corbuzier: Diet OCD Gagal kalau Tidak Patuh
Jumat, 20 September 2013 | 06:47 WIB
|
Share:
KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT

Deddy Corbuzier
KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Deddy Corbuzier

KOMPAS.com — Anda pasti sudah mendengar mengenai diet yang dilakukan oleh Deddy Corbuzier dengan nama OCD (Obsessive Corbuzier's Diet). Pola diet yang belakangan diikuti banyak orang ini diklaim bisa menurunkan berat badan dengan drastis.

Seperti halnya metode diet lain, menurut Deddy, kunci keberhasilan diet OCD adalah kepatuhan.

“Kepatuhan dalam melaksanakan diet dibutuhkan dengan komitmen yang kuat. Jadi, kalau komitmen tidak kuat, maka diet pun akan gagal. Semakin rumit cara dietnya, maka semakin besar kemungkinan akan gagal dalam jangka panjang,” tuturnya dalam jurnal yang diterima KompasFemale beberapa waktu lalu.

Kaitan antara kedisiplinan dan keberhasilan diet sudah dibuktikan lewat berbagai penelitian. Dalam studi yang dipublikasikan di International Journal of Obesity terungkap, hanya 1 dari 12 orang yang mengikuti diet selama satu tahun penuh dan dia berhasil menurunkan 40 kilogram. Yang lainnya mengaku tidak patuh pada diet itu sendiri.

"Ini mengartikan bahwa 100 persen manusia ingin memiliki badan bagus. Namun, 90 persen dari mereka malas untuk melakukannya karena terlalu rumit dan membosankan," lanjut pria yang identik dengan kepala botaknya ini.

Jika diet yang dilakukan lebih rumit, maka peluang keberhasilan juga akan makin rendah. Karena itu, jika ingin berhasil, maka menurut Deddy kita harus memilih pola diet yang sederhana.

Bahkan, menurut Deddy, ada dua aturan diet yang membuat kebanyakan orang sulit melakukannya, yaitu menghitung jumlah kalori yang masuk dan mencari makanan sehat yang harus diasup oleh tubuh, alias makanan tidak enak. Akibatnya, mereka menjadi semakin malas karena mereka melihat waktu yang lama untuk mendapat bentuk tubuh ideal.

"Jadi, inti dari melakukan diet apa pun itu jenisnya adalah ketekunan. Semua orang ingin tampil menarik dengan bentuk tubuh yang indah, tapi itu juga tidak bisa didapatkan secara instan," tandasnya.

Dalam diet OCD yang berhasil mengurangi bobot tubuhnya sampai 4 kg dalam seminggu dan membuat lemak di tubuhnya tinggal 7 persen.

Pada prinsipnya, menurut Deddy, diet OCD mengharuskan kita berpuasa selama 16 jam, 18 jam, 20 jam, hingga akhirnya hanya bisa makan satu kali. Semua dilakukan bertahap.

Berbeda dengan diet lain yang melarang makanan berlemak tinggi, dalam diet OCD kita bebas makan apa pun selama waktu "jendela makan" atau waktu di luar waktu puasa.

Penulis :
K. Wahyu Utami
Editor :
Lusia Kus Anna
BERITA LAIN: