Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2013, 07:36 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk menemukan jodoh. Misalnya dengan rajin nongkrong di kafe, kencan online, atau menggunakan media sosial. Namun kini Anda bisa lebih mudah menemukan calon pasangan yang tepat melalui DNA Anda lewat situs kencan online. Layanan ini kini ditawarkan oleh sejumlah perusahaan di Inggris dan Swiss, seperti ScientificMatch dan GenePartner.com.  

Situs kencan ini akan membantu Anda untuk memilih pasangan kencan sesuai dengan kecocokan gen Anda dan si dia.

Penelitian telah menunjukkan bahwa DNA mempengaruhi hubungan seseorang, sehingga secara tak sadar Anda mencari sosok pasangan yang memiliki kompatibilitas gen. Jadi masuk akal kalau Anda memilih pelamar potensial berdasarkan kecocokan DNA, agar memiliki kehidupan cinta yang langgeng.

"Selain kehidupan cinta yang langgeng dan memilih pasangan yang sesuai, pencocokan DNA ini juga akan membantu memastikan Anda memiliki keturunan yang sehat," ungkap Eric Holzle, pendiri ScientificMatch.

Layanan kencan berdasarkan gen ini terinspirasi dari eksperimen yang terkenal pada tahun 1995 lalu, Sweaty T-Shirt. Dalam penelitian ini, perempuan diminta untuk mencium T-shirt calon pasangan yang seumuran. Mereka harus mencium kaos yang beraroma tubuh pria ini sebagai upaya untuk mencocokan DNA.

"Hasilnya, ternyata perempuan lebih memilih pria dengan aroma tubuh yang menggambarkan sistem kekebalan tubuh berbeda dengan mereka secara genetik, dan sebaliknya," ungkap dr Brown Tamara dari GenePartner. Artinya, semakin banyak perbedaan genetik Anda dan pasangan, maka semakin besar peluang kecocokannya.

Untuk memulai layanan kencan DNA ini, Anda harus membeli kit pengujian khusus dari situs-situs tersebut. Kemudian digunakan sebagai wadah air liur yang diambil dari bagian dalam pipi. Setelah itu, Anda harus mengirim kembali sampel tersebut untuk dianalisis. Proses analisis memakan waktu dua minggu, dan setelahnya Anda akan mendapat daftar calon pasangan yang memiliki kecocokan gen dengan Anda.

Setelahnya, Anda bisa memilih salah satu orang yang dipilih oleh DNA dan mulai berkencan. Tertarik?


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com