Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2013, 10:12 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com — Selama ini Anda mungkin berpikir bahwa perempuan yang dikenal punya perasaan yang halus dan pemikir adalah sosok yang lebih mudah stres. Sedangkan pria yang dikenal cuek dan kurang sensitif dianggap lebih santai sehingga tak mudah stres. Ternyata anggapan ini salah besar. 

Melalui penelitian yang dilakukan di University of Buffalo ternyata membuktikan bahwa perempuan lebih mampu mengendalikan stres dibanding laki-laki. Kemampuan perempuan untuk mengendalikan stres ini ternyata disebabkan oleh tingginya hormon estrogen di tubuh. Hormon ini memblokir efek negatif dari stres di otak.

Subyek penelitian ini diberikan berbagai pengalaman dan perlakuan yang sering dialami sehari-hari dan menyebabkan frustrasi. Dr Zhen Yan, pemimpin penelitian, mengungkapkan bahwa ternyata perempuan memiliki kemampuan mengenali obyek yang telah ditunjukkan sebelumnya. Sedangkan pria harus berjuang dengan memori jangka pendek mereka. 

Ketidakmampuan untuk mengingat sebuah obyek ini menunjukkan gangguan di bagian otak yang mengontrol memori kerja, perhatian, pengambilan keputusan, dan proses kerja otak lainnya. "Studi sebelumnya telah menemukan bahwa perempuan lebih tahan terhadap stres dan sekarang ini sudah diketahui penyebabnya. Dan ini benar-benar dipengaruhi oleh spesifik molekular sesuai jenis kelamin," jelas Yan. 

Ia menambahkan bahwa ketika sinyal estrogen di otak ini dihambat, maka tingkat stres akan jadi semakin tinggi. Peneliti menemukan bahwa tingkat enzim yang terkait dengan produksi estrogen yang dikenal sebagai aromatase inilah yang bertanggung jawab untuk ketahanan stres pada perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com