Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan di Balik Gaya Gundul Perempuan Kulit Hitam

Kompas.com - 24/09/2013, 08:14 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Tentu Anda pernah bertanya-tanya, kenapa ya wanita kulit hitam sebagian besar memangkas habis rambut mereka sampai botak? Padahal rambut merupakan salah satu mahkota wanita yang paling penting untuk dijaga keindahannya.

Pada dasarnya, perempuan kulit hitam memiliki rambut hitam pekat, keriting dan tebal. Namun, tak sedikit perempuan berkulit hitam memilih gaya rambut yang unik dan cenderung aneh. Bahkan, para perempuan kulit hitam yang masih remaja senang mengepang rambut mereka dengan gaya gimbal yang keras dan kaku.

Menurut penyanyi Laura Mvula, ternyata kelebihan yang dimiliki perempuan kulit hitam terhadap rambutnya tak semerta-merta membuat mereka merasa bangga. Alasan mengapa sebagian dari mereka memilih untuk botak, karena nyatanya rambut mereka yang keriting, tidak kuat bertahan lama dengan kondisi rambut panjang.

“Rambut asli perempuan kulit hitam sangat tebal dan keriting hitam pekat. Oleh karenanya, banyak diantara mereka juga yang berusaha menyempurnakannya dengan menggunakan produk kecantikan kimia yang bisa menghasilkan rambut lurus panjang dan indah,” ungkap Laura yang mengidolakan Solange Knowles ini.

Itu sebabnya, karena adanya perubahan zaman, generasi muda perempuan kulit hitam mengikuti tren industri kecantikan yang berlaku. Mereka berbondong-bondong mengenakan produk kimia untuk membuat rambut mereka terlihat indah.

Bagi wanita kulit hitam, bagaimana cara mereka menata rambut sangatlah kompleks. Ini berkaitan dengan kepribadian, pandangan sosial, dan ketertarikan terhadap tren yang berjalan. Seiring berkembangnya tren kecantikan, lahir suatu pedoman bahwa rambut panjang lurus adalah cerminan kecantikan.

Dikarenakan ingin selalu terlihat kekinian, akibatnya kekuatan rambut asli mereka pun tidak bisa bertahan lama. Rambut jadi rusak, dan tak ada pilihan lain kecuali memangkas habis rambut hingga nyaris botak.

Walau pada awalnya, mereka merasa tertekan dan kurang percaya diri, akhirnya mereka menyadari bahwa jati diri seorang perempuan kulit hitam sangatlah identik.

“Akibat terperangkap iklan produk rambut, yang mengatakan cerminan rambut indah itu panjang dan lurus mengakibatkan kerusakan pada rambut asli saya. Sehingga tidak bisa tumbuh dengan baik lagi, maka salah satu jalan keluarnya adalah menggunduli kepala,” ungkapnya dengan sedih mengingat masa di mana ia harus memakai wig karena kurang pede.

Namun, semuanya berubah saat ia bertemu dengan seorang wanita yang memiliki pengalaman serupa, di mana ia harus memangkas habis rambutnya. Dengan percaya diri ia menunjukkan kepala plontos tanpa rambut di hadapan Laura. Nah, semenjak itulah ia akhirnya bangga dengan kepala botaknya tersebut yang mengedepankan identitas ciri khas wanita kulit hitam.

Lebih lanjut, kini pun banyak produk perawatan rambut yang memberikan produk khusus untuk rambut perempuan kulit hitam agar terlihat natural. Akan tetapi, alih-alih untuk menyehatkan tetapi bisa juga menjadi rusak.

Makanya, Laura menyarankan untuk tetap mencintai rambut alami Anda tanpa harus banyak sentuhan produk kimia hanya karena ingin terlihat cantik. Bagi kaum perempuan kulit hitam, ia berkata, rambut alami keriting tebal dan hitam tersebut merupakan identitas wanita kulit hitam yang patut dibanggakan dan dipertahankan.

Jadi mengapa harus malu ?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com