Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2013, 18:22 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Shine

KOMPAS.com — Kecuali jika Anda salah satu dari sekian banyak orang yang tidak pernah mengalami masalah jerawat pada kulit wajah Anda. Mungkin, Anda tidak pernah peduli dengan beragam perawatan kulit untuk menghilangkan noda jerawat. Namun, banyak sekali cara tradisional hingga modern yang dianjurkan untuk menghilangkan jerawat.

Sebelumnya, banyak orang juga percaya, khususnya kaum wanita, bahwa menghilangkan jerawat atau noda bekas jerawat lebih ampuh menggunakan ramuan tradisional. Akan tetapi, itu semua merupakan mitos yang kerap kali ditafsirkan salah oleh kita semua.

Apa saja mitos yang sering didengar mengenai cara mengatasi jerawat? Ini dia:

Pasta gigi

Sementara pasta gigi dapat bertindak seperti masker untuk menarik kotoran keluar dari kulit, tetapi pasta gigi juga dapat mengeringkan kulit sehingga bisa meninggalkan masalah yang lebih besar daripada sebelumnya. Yang lebih parah, jika Anda menggunakan pasta gigi gel dan ditaruhkan pada jerawat Anda, maka gel dapat menyengat dan membakar kulit Anda.

Jus lemon

Sifat antiseptik jus lemon dapat membantu kulit Anda bersih dari bakteri, yang dapat mengurangi jerawat. Namun, jika Anda punya kulit sensitif atau kulit Anda terkena sinar matahari, jangan pernah mengusapkan jus lemon ke wajah Anda, karena akan menyebabkan kemerahan dan ruam.

Irisan tomat

Jus tomat dapat memberikan vitamin A pada kulit Anda, sehingga bercahaya, tetapi tidak akan berpengaruh banyak pada jerawat. Jika Anda punya kasus ekstrem terhadap jerawat, tomat tidak akan memperparah jerawat Anda. Namun, tidak akan membantu membersihkan kulit Anda juga.

"Chemical peels"

Jika Anda ingin menghilangkan lapisan kulit kasar, maka chemical peels tepat untuk Anda. Akan tetapi, hal itu tidak cocok untuk membantu menghilangkan jerawat. Dengan mengelupas lapisan luar kulit, memang untuk sementara bisa menghilangkan bintik-bintik dan membuat ruang halus pada bekas luka. Namun, itu tidak akan benar-benar menyingkirkan jerawat Anda.

"Eye drops"

Memang benar, obat tetes mata dapat membantu mengurangi kemerahan jerawat jika digunakan sebagai pengobatan. Namun, tidak akan menghilangkan secara penuh. Obat tetes mata tidak akan benar-benar membersihkan setiap jerawat yang Anda coba untuk obati.

Berjemur

Meski matahari mampu mengeluarkan jerawat kering dan membantu membersihkan kulit Anda, tetapi bekas noda hitam justru akan jauh lebih buruk. Jerawat akan datang kembali, bahkan lebih agresif daripada sebelumnya. Jadi mungkin saja Anda bisa mendapatkan kulit lebih bersih selama beberapa hari, tetapi jangka panjangnya akan jauh lebih sulit untuk ditangani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Shine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com