Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2013, 16:28 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

HUFFINGTON POST ilustrasi
KOMPAS.com - Yoga sudah lama dikenal bisa membantu menyegarkan tubuh, melatih fleksibilitas dan kekuatan, menghilangkan stres, menjernihkan pikiran. Vyda Bielkus, pendiri Boston Health Yoga Life menyarankan untuk melakukan yoga di pagi hari setelah bangun tidur.

"Banyak orang yang meremehkan kekuatan setelah bangun tidur. Padahal setelah bangun tidur ada banyak kekuatan yang bisa membantu Anda untuk memulai hari. Pada saat ini, Anda bisa mengatur beberapa niat dan pilihan yang tepat seharian penuh," jelasnya. Ia menambahkan bahwa yoga adalah cara yang baik untuk bersantai dan menyambut hari.

Alih-alih berolahraga atau beryoga setelah bangun tidur, menurut survei tahun 2013 yang dilakukan IDC (International Data Corporation), 89 persen orang (usia 19-24 tahun) justru langsung mengambil ponselnya setelah bangun. Tak cuma itu, 63 persen peserta penelitian bahkan membawa ponselnya untuk tidur bersamanya.

Nah kalau merasa malas bangun dari tempat tidur untuk beryoga, Anda bisa kok melakukannya di atas tempat tidur. Beberapa pose yoga ini cocok dilakukan di atas tempat tidur setelah Anda bangun.

1. Reclining goddess pose
Yang dilakukan adalah berbaring telentang dengan santai. Letakkan lengan di samping tubuh atau di atas kepala, yang terpenting adalah buat posisi Anda senyaman mungkin. Satukan kedua belah telapak kaki Anda dan pejamkan mata beberapa saat.  Bielkus mengatakan bahwa posisi ini akan membantu menenangkan pikiran dan bersantai. Pose ini juga cocok dilakukan sebelum Anda tidur.

2. Legs up the wall pose
Ini adalah pose meditasi yang dianggap bisa menenangkan seseorang. Pose ini akan membantu meredakan ketegangan di kaki, terutama untuk Anda yang cukup aktif bergerak seharian. Posisi ini mirip seperti sikap lilin. Putar tubuh menghadap ke tembok, kemudian angkat kaki ke atas dan sandarkan ke tembok.

3. Forward bend
Duduklah di tempat tidur Anda dan bungkukkan badan ke depan. Cobalah meraih tumit, jari kaki, atau tulang kering. Jika punggung terlalu kaku dan terasa sakit, Anda boleh kok untuk menekuk lutut. Fokuslah pada pernapasan Anda karena akan membantu Anda meregangkan tubuh dan  "mendinginkan" tubuh.

4. Easy supine twist
Berbaringlah terlentang di tempat tidur Anda, dan rentangkan tangan selebar mungkin. Kemudian tekuk kaki dan putar kaki serta pinggul ke kiri. Peluk kaki Anda ke dada dan tahan beberapa saat. Ulangi pada sisi yang lain.

5. Fish pose
Berbaringlah telentang dan letakkan tangan di bawah pinggul. Kemudian perlahan-lahan angkatlah dada dan bahu sambil meregangkan kepala ke bawah. Agar punggung tak terlalu sakit, bertumpulah pada lengan Anda. Bielkus mengatakan bahwa pose ini akan membangkitkan energi Anda.

6. Happy baby pose
Pose ini akan membuat hari-hari Anda jadi lebih ceria dan menyenangkan sekalipun punya banyak rencana padat. Berbaringlah telentang sambil angkat kaki selebar mungkin. Tahan kaki dengan tangan dan tarik ke arah dada.

7. Child pose
Pose ini cukup sederhana untuk dilakukan di tempat tidur. Anda hanya harus berlutut dan pastikan punggung kaki menyentuh kasur. Rentangkan lutut selebar pinggul namun tetap membuat Anda nyaman. Kemudian bungkukkan badan ke depan sampai kepala menyentuh kasur.

8. Corpse pose
Gaya ini terlihat sangat sederhana dan sekilas terlihat seperti orang tidur. Berbaringlah telentang dan letakkan lengan di sisi Anda dan telapak tangan menghadap ke atas. Lakukan sebelum tidur dan kosongkan pikiran Anda sehingga pikiran jadi lebih santai.

9. Pigeon pose
Pose ini akan membantu Anda merasa lebih bersemangat karena agak sedikit menarik otot. Duduklah di atas kasur, kemudian luruskan salah satu kaki ke belakang dan satu kaki lagi dilipat ke depan. Tahan beberapa saat dan ulangi untuk kaki lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com