Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2013, 17:17 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber She Knows

Kompas.com -
Tingkat kesuburan seorang wanita terus menurun setiap tahunnya dan akan merosot tajam di usia 35 tahun. Sebuah peringatan bagi mereka yang berniat menunda memiliki momongan.

Meski kemajuan teknologi kedokteran semakin meningkatkan peluang kehamilan seorang wanita dibanding pada satu dekade lalu, tetapi tetap ada batas maksimal usia untuk meningkatkan keberhasilan pembuahan.

Misalnya saja in vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung. Agar program kehamilan ini berhasil sebaiknya dilakukan sebelum usia 35 tahun. Bukan hanya faktor keberhasilannya menurun, tapi kualitas sel telur juga akan berkurang setiap tahunnya.

Penurunan kualitas sel telur bisa berpengaruh pada gangguan kromosom juga peningkatan risiko keguguran.

"Berbeda dengan pria, sejak lahir seorang wanita sudah membawa seluruh sel-sel reproduksi. Seiring bertambahnya usia, maka sel-sel telurnya juga ikut menua," kata Dr.Jane Stewart, pakar bayi tabung.

Stewart menambahkan, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang kehamilan adalah membekukan sel telur sejak usia muda sehingga bisa dipakai untuk melakukan bayi tabung di kemudian hari. Sayangnya cara ini belum bisa dilakukan di semua fasilitas kesehatan dan biayanya relatif mahal.

Tetapi, tidak dipungkiri memang banyak wanita yang hamil di atas usia 35 tahun dan bisa menjalaninya dengan sehat. Kuncinya adalah menjalani gaya hidup sehat dimulai dari sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber She Knows
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com