Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2013, 10:50 WIB

Kompas.com — Sebelum sakit hati, sebaiknya kenali sinyal dia tidak ingin atau tidak terlalu berminat menikah dengan Anda.

1. Anda jadi sering bertanya, "Kapan kita menikah?"

Setelah hubungan terjalin sekian lama dan Anda merasa saling cocok satu sama lain, beberapa kali Anda memberi isyarat kepadanya untuk segera menikah. Karena tidak mendapat tanggapan, Anda pun memberanikan diri untuk "menembaknya" secara langsung. Tapi dia tetap bergeming.

Merasa ajakan ini tidak mempan, setiap bertemu, Anda selalu bertanya kepadanya, "Kapan kita menikah?" Dan dia tidak pernah memberi jawaban, malah mengalihkan pembicaraan. Tidak diragukan lagi, dia memang tidak berniat untuk menikahi Anda. Dia hanya mengulur-ulur waktu untuk kemudian meninggalkan Anda.

2. Beralasan menunggu waktu yang tepat

Ia memang berjanji untuk menikahi Anda, tapi dengan syarat: menunggu waktu yang tepat. Sayangnya, tahun demi tahun alasan ini yang selalu ia kemukakan. Entah ia sedang sibuk dengan urusan bisnisnya, tidak ingin melangkahi kakaknya yang belum menikah, atau sebagainya. Seakan selama perjalanan hubungan Anda dengannya, tidak pernah ada waktu yang tepat. Padahal, itu hanya taktik dia untuk "menggantung" Anda.

3. Tak pernah menentukan tanggal

Ketika Anda bertanya apakah dia mau menikah, dia akan menjawab, "Mau dong." Tapi begitu Anda bertanya lebih jauh kapan tanggalnya, dia menjawab, "Ya, nanti dong." Nah, kata "nanti" ini adalah ganjalan bahwa sebenarnya dia tidak bernafsu untuk menikah. Bila Anda telah menjalin hubungan selama satu tahun dan dia tidak punya tanggal pasti kapan akan menikah, sebaiknya cari pria lain.

4. Mengubah tanggal

Anda dan dia sudah menetapkan tanggal pernikahan, misalnya di tahun depan. Tapi ketika waktunya semakin dekat (cukup dekat untuk mulai membuat rencana nyata) tiba-tiba saja dia mengubah tanggalnya menjadi lebih jauh tanpa alasan. Itu menandakan dia tidak terlalu excited terhadap rencana pernikahan tersebut. Kalau dia sungguh-sungguh berminat, dia tidak akan memundurkan tanggal pernikahan melainkan memajukannya agar dia bisa secepatnya hidup bersama Anda.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com