Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2013, 12:07 WIB
Christina Andhika Setyanti,
Syafrina Syaaf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebenarnya depresi merupakan kondisi yang tidak bisa dianggap remeh. Walau obat-obatan untuk mengatasi gangguan mental ini banyak tersedia, tapi tak ada salahnya mencoba cara alami.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ajay Goel, PhD, Direktur Epigenetik dan Pencegahan Kanker di Baylor University Medical Center, mengungkapkan bahwa cara paling mudah dan cepat untuk menghilangkan depresi adalah dengan menyantap makanan yang mengandung kunyit. Kunyit mengandung senyawa kimia, kurkumin yang bisa berfungsi sebagai antidepresan. 

Dalam jurnal Phytotherapy Research, dengan dosis harian 1000 mg, kurkumin dinilai 2-5 persen lebih aktif mengatasi depresi daripada obat dokter. Kurkumin dianggap menjadi inhibitor alami (penghambat) monoamine oxidase yang menjadi biang keladi penyebab depresi. Kurkumin juga dinilai mampu menghambat pelepasan sitokinin yang menyebabkan stres. 

"Untuk mencegah depresi, Anda bisa membuat rempah ini menjadi bagian dalam masakan dan makanan Anda sehari-hari," jelasnya. Namun hati-hati ya, kurkumin juga dinilai mampu meningkatkan nafsu makan seseorang. Oleh karena itu, asupannya juga harus dikendalikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com