Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2013, 10:48 WIB
Iskandar Zulkarnaen

Penulis


Kompas.com - Bebelac, merk susu tumbuh kembang anak, kembali menggelar BebeStar 2, ajang gali bakat anak Indonesia usia 3-6 tahun. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari BebeStar 1 yang diadakan dua tahun lalu dan berhasil mengumpulkan 25 ribu video.

Brand Manager Bebelac, Anna Lumintang, menjelaskan, ajang ini bukanlah sebuah perlombaan atau semacam ‘talent show’ dengan iming-iming hadiah. Lewat BebeStar, pihaknya ingin mengajak orang tua, khususnya kalangan ibu-ibu, untuk ikut berperan aktif dalam menggali bakat anaknya.

“Kami percaya setiap anak memiliki bakat dan setiap anak adalah bintang. Kegiatan ini merupakan tempat untuk menunjukkan bakat anak-anak itu,” tutur Anna, akhir minggu lalu.
Selain itu, BebStar juga tidak eksklusif digelar untuk konsumen Bebelac, melainkan terbuka untuk umum. Obyektif utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada konsumen, bukan untuk meningkatkan penjualan.

Hal ini bisa dilihat dari hubungan antara penjualan Bebelac yang relatif stabil usai sukses pelaksanaan BebeStar1 yang berakhir pada Desember 2011. “Kebetulan ibu-ibu nunggu Bebelac bikin acara yang bisa meningkatkan kemampuan dan bakat anak-anak mereka,” imbuh Anna.

Pendaftaran BebeStar2 dibuka hingga tanggal 7 Oktober 2013. Orang tua yang ingin mengirimkan video aksi anaknya bisa mengunggahnya langsung di website Bebeclub atau lewat pos dengan ketentuan maksimal durasi dua menit. Aksi anak juga bisa direkam di sejumlah booth-tetap di pusat perbelanjaan tertentu dan booth-bergerak dalam bentuk Bebecar, Bebevan dan Bebebus, yang beroperasi di kota-kota tertentu di seluruh Indonesia.

Bakat yang akan dinilai dalam ajang ini adalah menari, menyanyi dan memainkan alat musik. Bakat dan aksi lainnya, meskipun sudah dimiliki oleh banyak anak, belum diakomodir. “Kita maunya semua bakat. Tapi karena ada kendala teknis dalam pelaksaan seleksi, cuma tiga bakat itu yang diambil,” kata Anna.

Dalam kegiatan ini, tidak ada sistem voting atau partisipasi publik lewat SMS maupun Internet. Pasalnya, BebeStar dirancang untuk dapat menilai dan melihat langsung bakat anak.
Setelah pendaftaran ditutup, pihak penyelenggara akan menyeleksi video yang dianggap layak mengikuti audisi di 30 kota, mulai 10 Oktober sampai 17 November 2013. Setiap anak yang masuk audisi akan mendapatkan sertifikat Bebestar.

Dalam audisi yang diadakan di pusat perbelanjaan tersebut, dewan juri akan memilih Bebestar terbaik yang mendapatkan kesempatan untuk tampil di acara Bebelac Performance di delapan kota (Jakarta, Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Balikpapan dan Makassar).

“Selanjutnya, kita akan pilih sepuluh Bebestar dalam Bebelac Performance yang akan diundang untuk tampil di acara Bebestar Night dalam rangka perayaan Hari Ibu di Jakarta,” jelas Anna.
Kesepuluh Bebestar yang akan tampil pda tanggal 22 Desember 2013 berasal dari dua Bebestar region Jakarta, masing-masing satu Bebestar dari region Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Balikpapan dan Makassar, plus satu Bebestar wildcard.

Selain tampil di acara puncak, 10 Bebestar tersebut masing-masing akan mendapatkan tabungan senilai 20 juta rupiah dari Bebelac. Selain Bebestar, tahun ini juga diadakan Little Bebstar untuk anak usia 1-2 tahun. Video yang dikirimkan berupa momen kasih sayang ibu dan anak, dan pemenangnya akan dipilih berdasarkan hasil voting di website Bebeclub.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com