Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Renyah dan Nikmatnya Ayam Goreng Khas Korea

Kompas.com - 01/10/2013, 15:58 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Demam Korea di Indonesia nampaknya belum surut. Tak cuma lagu-lagu dan budayanya saja yang diminati, tapi juga makanannya. Selain Kimchi dan Bulgogi, makanan Korea yang disukai adalah ayam goreng.

Salah satu restoran yang menghadirkan menu utama ayam goreng adalah Kyochon. "Restoran ini merupakan franchise dari Kyochon Korea. Sampai saat ini, restoran ayam ini sudah tersebar di hampir 1000 outlet di Korea Selatan, Amerika, China, dan Thailand. Kini di Indonesia," jelas Ingrid Firmansyah, Chief Executive Officer Kyochon Indonesia saat pembukaan gerai pertamanya di Pasific Place, Jakarta Selatan, Selasa (1/10/2013).

Restoran yang berdiri sejak tahun 1991 ini memiliki beberapa signature dish, antara lain, Original Series, Red Series, Honey Series, dan Salsal Series.

Bagi Anda yang suka dengan ayam goreng yang gurih, Anda bisa memilih Kyochon Original Series. Ayam goreng merupakan varian ayam goreng dengan bumbu gurih yang terbuat dari campuran soy dan bawang putih. Agar teksturnya jadi lebih renyah, ayam harus digoreng dua kali dengan menggunakan canola oil. Anda juga bisa memilih sendiri bagian ayam yang disukai, paha atau sayap.

Sedangkan Anda yang suka dengan pedas, Red Series dengan citarasa pedas manis pasti bisa memikat lidah Anda. Sensasi pedasnya sendiri ternyata dihasilkan dari Cheongyang red pepper .Honey Series dengan balutan citarasa rasa manis dari olesan madu di atasnya juga terasa spesial dan unik. Meski diberi tambahan madu, tak berarti rasanya jadi terlalu manis. Tetap saja ada rasa gurih yang terselip di sela rasa manisnya di mulut. Renyah, manis dan gurih semua jadi satu.

Kalau ingin yang sedikit lebih krispi dengan balutan tepungnya, Salsal merupakan jenis ayam goreng bagian dada tanpa tulang yang digoreng dengan campuran tepung beras dan rice krispy pasti bisa memuaskan Anda.

Selain varian ayam, restoran ini juga memiliki varian menu lainnya seperti Galbi Chicken Kimchi Rice (nasi goreng kimchi dengan tambahan chicken stick), dan juga Grill Rice  (nasi mentega yang disajikan dengan tambahan dua sate pedas dan bumbu kacang curry), Kimchi Sup, Pickles Raddish, dan juga aneka salad segar.

Sedikit berbeda dari restoran ayam goreng yang lain, Kyochon menggungkan canola oil untuk menggoreng ayamnya. Minyak canola dipilih agar gorengan ayamnya jadi lebih sehat dan lebih renyah. Ingrid juga menambahkan bahwa restoran ini bukanlah restoran ayam siap saji. "Kami baru akan menggoreng ayam ini setelah dipesan. Ini dilakukan untuk menjamin kesegaran masakannya. Maka, paling tidak waktu penyajiannya memakan waktu sekitar 10-15 menit untuk sampai di meja," jelasnya.

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan di restoran ini pun tergolong murah, sehingga bisa dijangkau oleh anak-anak muda dan juga keluarga kelas menengah. Satu porsi ayamnya dijual dengan harga Rp 35.000-45.000 ribu, Salad Rp 40.000-65.000, dan menu nasi Rp 70.000 ke atas. Namun jangan khawatir, semua porsi menu makanan ini adalah menu sharing, yang artinya bisa dinikmati lebih dari satu orang.

Untuk lebih menarik minat anak muda, Kyochon menggaet boyband yang digilai kaum hawa, Super Junior menjadi brand ambassadornya. "Kami juga berencana untuk mengundang Super Junior untuk meet and greet bersama konsumen Kyochon Indonesia," ungkap Robbyanto Budiman, Chairman Kyochon Indonesia kepada Kompas Female.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com