Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susan Zhuang Mengolah Tenun dan Sarung untuk Gaun Pesta

Kompas.com - 01/10/2013, 16:46 WIB
Rahman Indra

Penulis


Kompas.com - Kain tenun, sarung dan songket selalu identik dengan tradisi dan baju untuk keperluan acara formal. Namun di tangan Susan Zhuang, kain tenun juga bisa menjadi gaun pesta yang mewah dan glamor.
 
Desainer bertubuh mungil Susan Zhuang sepertinya tahu benar bagaimana membuat gaun pesta yang tak biasa. Desain busananya membungkus tubuh tidak hanya fokus di tampilan depan, tapi juga bagian belakang dengan motif-motif yang menjulur seperti bunga, serta kesan kilap yang membuatnya mewah.

Mengangkat tema “Glitter Orient”, Susan memamerkan koleksi olahan kain tradisinya itu pada ajang Fashionality 2013, yang diusung Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Jawa Barat, di Hotel Hilton Bandung, Sabtu (28/9/2013).

Beberapa gaun didominasi mini dress, ada juga blus yang dipadu rok pensil serta gaun panjang. Susan memberi aksen motif bordir yang unik dengan menampilkan sisi glamor. Bahan yang digunakan, sepertinya sengaja berbahan ringan, seperti tulle, organza dan glitter fabrics.

“Mungkin tidak ada yang percaya, bahwa kain yang saya gunakan untuk koleksi ini sudah dari sananya glitter, atau berkilap jadi tinggal saya kreasikan bentuknya seperti apa,” ungkap Susan memberi bocoran saat ditemui disela-sela peragaan.

Yang menarik adalah, bagaimana Susan membuat tampilan gaun tidak hanya menarik di bagian depan, tapi juga bagian belakang (punggung). Motif-motif seperti bunga itu menjulur dan memberi bentuk yang unik dan penuh.  

Permainan warna juga menjadi satu trik menarik yang digunakan Susan. Seperti padu padan warna kuning dan hitam atau merah dan hitam. Lagi-lagi aksen detail motif bordir di antara warna-warna ini menjadikannya menonjol.

Disampaikan Susan, koleksi kali ini adalah koleksi terbarunya yang ia siapkan dengan matang. Inspirasi dari kain tradisi, termasuk motif ia olah sedemikian rupa. Dan memang pada akhirnya, koleksi gaun pestanya ini menjadi salah satu peragaan yang istimewa dalam perhelatan Fashionality 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com