Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmati Santapan Tradisi Indonesia lewat Mighty Culinary

Kompas.com - 02/10/2013, 09:43 WIB
Rahman Indra

Penulis


Kompas.com - Bagi para penikmat kuliner, event perayaan Mighty Culinary hadir lagi tahun ini. Memasuki  tahun ketiganya, kali ini lebih ramai dengan 50 tenant dan 9 menu daerah spesial.

Indonesia kaya akan beragamnya jenis makanan. Setiap daerah punya masakan  khusus dan rasanya tak diragukan lagi enaknya. Namun tak semua orang punya kesempatan untuk menjajal berbagai ragam kuliner itu.

Ada yang pernah mencoba enaknya jamur dari Pulau Bangka? Lewat masakan Kulat Lempah Pelawan, jamur  langka yang enaknya tak terkira ini menjadi andalan dari salah satu santapan daerah. Beralih ke Kalimantan Barat. Mereka terkenal dengan Tumis Pakis Terasi Sedayungnya. Atau, tanah Toraja dengan Tumis Dendeng Kerbaunya.

Sejumlah santapan daerah tersebut akan hadir dalam rangkaian Mighty Culinary 2013 yang diusung majalah Sedap, pada Minggu (6/10/2013) di gedung TVRI Senayan, Jakarta.

"Tahun ini,  kita berupaya menyajikan pengalaman kuliner yang khusus, dengan menghadirkan cita rasa khas daerah sebenarnya," ujar Semijati Purwadaria, pemimpin redaksi majalah Sedap, dalam konferensi pers yang berlangsung di Oktagon, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (1/10/2013).  

Cita rasa daerah sebenarnya yang dimaksud Semi adalah dengan memboyong putera daerah untuk mengenalkan secara langsung santapan daerahnya, lengkap dengan bumbu otentik dan teknik memasak khas daerah masing-masing.

Ada sembilan jenis masakan daerah yang akan hadir dalam rangkaian Indonesian Food Gallery ini. Di antaranya; Ketupat Sambal Godok (Tangerang Peranakan),  Kulat Lempah Pelawan (Pulau Bangka), Kambewe (Pulau Buton), Koholeo (Pulau Buton), Kambing Kuning (Kalimantan Barat), Tumis Dendeng Kerbau (Toraja), Sayur Biji-biji (Kalimantan Barat), Gulai Ebi Pisang Muda (Sumatra Mandailing), dan Pare Pammarasan with Beef (Toraja).

"Jika ada yang beranggapan, masakan tradisional rumit, ini akan menjadi bukti bahwa tidak benar demikian, memasak makanan tradisi itu mudah," ujar Lisa Virgiano, pakar kuliner yang juga turut mengkurasi Mighty Culinary tahun ini.

Selain sembilan jenis masakan khusus tersebut, event ini juga menghadirkan sekitar 50 tenant kuliner dalam rangkaian Indonesian Food Bazaar. Mereka yang dipilih sudah melalui tahap seleksi ketat agar menjadi kesempatan bagi pecinta kuliner untuk merasakan sendiri keragaman rasa dari berbagai daerah Indonesia.

Beberapa tenant yang hadir di antaranya, Dapur Solo, Ayam Bakar Tiyang Jati, Kedai Ketan No.2, Lapis Bogor Sangkuriang, Nasi Cikur, Lapis Talas, Es Krim Broti, hingga Baso Kuah Hitam.

Di samping kedua rangkaian itu, juga digelar demo memasak oleh tiga chef ternama, yakni Chef Deden Gumilar,  Chef Vindex Tengker, dan Chef Billy Kalangi. Beberapa talkshow mengenai kuliner serta kompetisi memasak juga bisa diikuti.

Mighty Culinary 2013 akan berlangsung Minggu (6/10/2013), dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB di gedung TVRI, Jalan Gerbang Pemuda Senayan Jakarta. Pengunjung tidak dipungut biaya tiket masuk.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com