Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2013, 13:54 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com —
Pesta mode yang paling ditunggu, Jakarta Fashion Week, akan kembali digelar. Menginjak tahun keenamnya, acara yang akan berlangsung pada 19-25 Oktober 2013 di Senayan City Jakarta ini semakin memantapkan diri sebagai ajang untuk melihat arah mode negeri ini tahun depan.

Selama tujuh hari, akan dihadirkan 75 show yang akan menampilkan tak kurang dari 2.500 outfit hasil karya 230 desainer, dan dikenakan lebih dari 240 model. Tahun ini akan tampil pula 6 desainer internasional, antara lain dari Belanda, Thailand, Korea, dan Jepang.

Menurut Diaz Parzada, Crative Director Jakarta Fashion Week (JFW), para desainer mancanegara tak hanya menampilkan koleksi mereka, tetapi juga menghadirkan karya mereka dengan memanfaatkan kain-kain Nusantara.

"Jika sebelumnya pada show pembukaan diisi oleh kolaborasi desainer lokal dan internasional, tahun ini pembukaan seluruhnya oleh desainer lokal yang berkualitas internasional. Mereka adalah 5 desainer yang tergabung dalam Indonesia Fashion Forward, yakni Albert Yanuar, Friederich Herman, Jeffry Tan, Dian Pelangi, serta Jenahara," papar Diaz dalam acara konferensi pers JFW di Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Tak ketinggalan pula, empat desainer Indonesia yang baru saja membawa nama Indonesia di ajang Paris Fashion Week, yaitu Tex Saverio, Major Minor, Toton, dan Yosafat.

Diaz menambahkan, ajang JFW akan semakin mengukuhkan Jakarta sebagai pusat mode di Asia Tenggara. Koleksi desainer mancanegara yang akan tampil di JFW akan sama dengan yang ditampilkan di fashion week lainnya sehingga terdapat kesinambungan.

"Misalnya saja desainer Korea, Lee Suk Tae, yang akan menampilkan koleksi yang sama dengan yang tampil di New York Fashion Week. Demikian juga desainer dari Belanda, Hans Ubik, yang akan membawa koleksinya dari Amsterdam Fashion Week, tentunya dengan beberapa koleksi baru," katanya.

Tahun ini acara JFW akan dilengkapi dengan buyers room, kompetisi desain, serta Fashion Film Project. Selama tujuh hari penyelanggaraan, diperkirakan JFW akan dihadiri 17.000 fashionista, serta diliput oleh jurnalis dalam dan luar negeri.

"Tahun ini skala penyelenggaraan JFW akan semakin besar, bisa dilihat dari bertambahnya para mitra dan desainer yang berpartisipasi," kata Lenny Tedja, Direktur JFW, dalam kesempatan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com