Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2013, 13:28 WIB
D. Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber

Olahraga bersama dengan keluarga akan memberikan banyak manfaat, yaitu kalori terbakar, jantung lebih sehat, dan rasanya jauh lebih menyenangkan. Lakukan pada hari Minggu agar waktunya bisa lebih leluasa. Berikut tiga panduan yang berguna :

Belikan si kecil sepatu khusus untuk berolahraga

Jelaskan pada buah hati bahwa ia perlu memakai sepatu khusus untuk berlari atau berjalan. Juga, mengapa tidak boleh memakai sembarang sepatu untuk kegiatan olahraga. Mengingat akan berolahraga di luar ruangan, sebaiknya sediakan juga topi anak agar terhindar dari panas.

Diskusikan rute jalanan kaki bersamanya

Ajukan beberapa pilihan lokasi, lalu biarkan anak menentukan mana yang paling diminati. Misalnya, di komplek rumah, di taman nasional , di gelanggang olahraga, atau di jalan protokol yang ditutup untuk aktivitas olahraga. Dengan begini, antusiasme anak akan terbangun sejak awal.

Jangan lupakan pemanasan

Meski latihan yang akan dilakukan bersama mereka lebih bersifat fun, tahapan ini wajib dilakukan untuk menghindarkan mereka dari cedera. Sambil meliuk-liukan tubuh, beri mereka pengertian ringan tentang pentingnya pemanasa.

Siapkan air minum

Sebelum mulai berlatih pastikan anak telah minum cukup air putih. Jangan lupa membawa sebotol air minum selama perjalanan. Ini akan mencegah anak merasa mual, sakit kepala, atau kehausan di tengah latihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com