Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pra-Pembukaan Toko H&M Jakarta Jadi yang Terheboh

Kompas.com - 04/10/2013, 19:05 WIB
Rahman Indra

Penulis


KOMPAS.com -
Acara pra-pembukaan store perdana H&M pada Kamis (3/10/13) malam menoreh catatan tersendiri karena menjadi yang teramai dan terpanjang antriannya. Dengan total tamu undangan yang hadir sebanyak 4000 orang, antrian panjang dan membuat store tutup hingga pukul 01.00 WIB dini hari.

Ungkapan kaget dan tak percaya itu datang dari dua petinggi H&M Indonesia yang ditemui secara eksklusif di lantai dua store H&M, di Gandaria City, Jakarta, pada Jumat (4/10/2013). Mereka adalah Sanveer Gill selaku Country Manager H&M Indonesia dan Par Darj selaku Head of Franchise Operations H&M asal Swedia.

Suasana store hari ini tampak lengang karena pintunya ditutup sebagai persiapan pembukaan resmi untuk umum pada esok hari. Semua koleksi pun sudah kembali terisi memenuhi setiap rak. Tampak satu dua penjaga menata dan menempatkannya sesuai pembagian.

Dalam kesempatan yang singkat, Kompas Female lalu berbincang-bincang dengan keduanya, mengenai malam pembukaan untuk tamu undangan yang ramai, koleksi khusus, hingga rencana pengembangan store ke daerah lain di Indonesia.

Bagaimana antusiasme tamu undangan semalam, katanya sangat ramai?

Sanveer Gill (SG): Menakjubkan. Kami tidak pernah lihat orang sebanyak itu mengantri sebelumnya. Ada 4000 orang datang tadi malam, mereka antri hingga dua jam lamanya untuk sampai ke kasir. Pada akhirnya kami tutup pukul 01.00 WIB dini hari.

Bahkan dibanding pembukaan di Bangkok?

Par Darj (PD): Ya, bahkan dibanding Bangkok, di sini sangatlah besar. Bayangkan, di lantai dua, semua lorong terisi oleh orang yang mengantri. Semua berbaris berbelok-belok mengikuti lorong yang kosong hingga ke kasir.

SG: Kami tidak pernah mengira sebelumnya. Padahal semalam, hanya untuk sejumlah tamu undangan. Sedianya dimulai pukul 18.00 hingga 22.00 WIB, namun kenyataannya kita tutup pukul 01.00 pagi.

Kami membayangkan apakah besok di hari pembukaan pertama, publik pastinya akan lebih ramai. Kami berencana menambah lagi kasir dan petugas pengamanan. Apa yang terjadi semalam menjadi pelajaran yang sangat penting. Kami sudah berulang kali membuka store namun keramaian semalam sangatlah besar dan tak terduga. Oleh karenanya, kami buat sistem yang lebih baik sebagai persiapan besok.

Tercantum, 'H&M finally here' di depan store, ada maksud tertentu?

PD: Itu slogan yang kita punya. Sebelumnya, kita pernah mendapat protes dari beberapa negara yang menginginkan agar H&M buka di negaranya. Salah satunya Australia. Lalu orang-orang di Thailand. Mereka mendesak agar kita buka store di negaranya. Makanya kita cantumkan demikian.

SG: Beberapa orang Thailand bahkan buat petisi di facebook, dan berjumlah ribuan orang.

Kenapa banyak orang yang mengantri dan menginginkan H&M?

SG: Kita bawa fesyen untuk semua orang dengan harga yang terjangkau. Ini yang membuat mereka menunggu dan senang saat berbelanja. Kita selalu membawa koleksi yang segar dan modis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com