Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/10/2013, 08:42 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber She Knows

Kompas.com - Kulit yang sehat adalah bagian penting dari kecantikan dan kesehatan secara keseluruhan. Memiliki kulit yang sehat ternyata juga berdampak besar pada kondisi emosional dan mental. Ketahui bagaimana kulit bisa berpengaruh pada kepercayaan diri.

Meski kecantikan bukan semata kondisi kulit, tetapi bagaimana kondisi kulit berpengaruh pada rasa percaya diri. Kulit adalah hal pertama yang orang lihat dari diri kita, dan bagian ini juga menjadi hal pertama yang kita amati saat kita berkaca.

- Merasa cantik
Sulit untuk merasa kita menarik tanpa memiliki kulit yang sehat. Bahkan jika kita bisa menutupi kondisi asli kulit dengan berbagai krim kosmetik dan menghasilkan tampilan yang cantik, tapi kita tahu bahwa sebenarnya kita memiliki jerawat, bintik hitam, dan masih banyak lagi.

Ketimbang bergantung pada kosmetik untuk menutupi masalah-masalah kulit, mulailah menjalani perawatan kulit untuk menuntaskan masalah kulit dan menjaga kesehatannya.

- Lebih "Pede"
Sejak jerawat di usia remaja sampai kerutan halus di usia pertengahan, berbagai masalah kulit jelas berpengaruh pada kepercayaan diri. Jika kita memiliki kulit yang sehat, kita akan lebih "pede" dan bersemangat menghadapi aktivitas harian dan berbagai hal yang membutuhkan kepercayaan diri. Pikiran kita bisa lebih fokus pada hal-hal lain ketimbang memikirkan bagaimana penampilan wajah saat ini.

- Mudah bergaul
Tentu kita akan merasa kurang pede jika harus melakukan presentasi atau kencan pertama dengan jerawat yang siap pecah atau masalah kulit lainnya. Memang kondisi kulit yang sehat tidak menjamin Anda akan sukses dalam percintaan atau hubungan sosial, tapi paling tidak hal itu menambah rasa percaya diri untuk melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya.

- Bagian dari gaya hidup sehat
Kebiasaan yang tidak sehat akan terlihat dampaknya baik secara fisik atau emosional. Perawatan kulit yang buruk, bintik hitam, kulit kusam, dan kerutan halus, bisa menjadi tanda gaya hidup kurang sehat yang selama ini kita lakukan.

Meski kita tidak bisa menghentikan waktu atau menghindar dari memiliki masalah kulit, tapi kita bisa mengendalikan gangguan kulit dan memperlambat proses penuaan. Memilih secara tepat perawatan kulit yang akan dijalani akan membuat kita memandang diri lebih baik.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com