Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2013, 11:33 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Tak ada formula yang pasti untuk menciptakan kesuksesan dalam hidup. Namun salah satu bahan utama untuk mendapatkan umur panjang dan kebahagiaan dalam hidup adalah the act of not doing, alias tidak melakukan apa-apa, menikmati waktu relaksasi dan bersantai.

Tony Schwartz, Founder dan CEO The Energy Project mengungkapkan, "Setiap manusia tidak dirancang untuk mengeluarkan energi terus-menerus. Sebaliknya, kita ditakdirkan untuk menyeimbangkan antara pengeluaran dan pemulihan energi. Sebenarnya secara fisiologis, setiap manusia sudah menyadari bahwa tubuhnya memerlukan  istirahat," katanya.

Sesibuk apa pun kita, selalu luangkan waktu untuk "break" dan mengisi ulang energi. Tak selalu dalam bentuk liburan ke luar kota, tapi melakukan hal-hal kecil seperti ini sebenarnya cukup untuk membuat kita merasa santai.

1. Melakukan hal-hal sederhana
Chris Solarz, seorang konsultan dana pensiun yang memiliki waktu sibuk sepanjang hari selalu berusaha untuk melakukan hal-hal sederhana yang bisa membuatnya rileks. Selama sembilan tahun bekerja ia selalu berjalan kaki ke kantornya dibandingkan harus menggunakan kereta bawah tanah. "Waktu naik commuter adalah waktu mati, maka lebih enak untuk berjalan kaki dan menikmati lingkungan sekitar," ungkapnya.

Baginya, berjalan kaki bisa membantu mengurangi sakit kepala, menghilangkan depresi, meningkatkan kepercayaan diri. Anda mungkin saja merasa sulit untuk mencontoh Chris setiap harinya karena jarak yang jauh dari rumah ke kantor. Tetapi Anda bisa mengganti waktunya, misalnya bangun lebih pagi kemudian berjalan-jalan selama 10 menit di sekitar rumah.

2. Hewan peliharaan
Bermain dengan hewan peliharan bisa membantu mengurangi ketegangan selama bekerja. Tahukah Anda bahwa beberapa Presiden Amerika Serikat, Obama, Clinton, dan Reagan, memelihara anak anjing untuk membantu mereka bersantai. Mengamati polah hewan peliharaan terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah dan tingkat stres.

3. Tidur siang
Ini mungkin terlihat sangat sederhana, tapi sering diremehkan. Arianna Huffington menyarankan untuk tidak meremehkan manfaat tidur siang. "Tidur membuat kita jadi lebih produktif, kreatif, mengurangi stres, lebih sehat dan lebih bahagia," ungkapnya.

Beberapa perusahaan di Amerika bahkan memberikan karyawannya jam tidur siang di kantor, misalnya Google, Nationwide Planning Associates dan P&G. Kalau kantor Anda tak memiliki jadwal seperti ini, Anda bisa menyiasatinya dengan memejamkan mata sebentar saat sedang lelah dan tidur siang saat weekend.

4. Matikan ponsel
Setiap harinya waktu Anda sudah tersita dengan deringan telepon dan juga layar komputer, maka saat liburan atau saat ingin bersantai matikan saja ponsel dan komputer Anda. Terus-terusan memandang atau menerima panggilan telepon akan membuat Anda mengalami kelelahan total. Di akhir pekan ada baiknya untuk mematikan ponsel semua gadget Anda. Ini mirip seperti reboot dan detoks untuk otak dan jiwa Anda.

5. Bermain
Main tak cuma untuk anak-anak kecil. "Orang dewasa juga tak kehilangan kebutuhan untuk melakukan hal baru yang menyenangkan seperti anak-anak," jelas Scott G. Eberle, PhD. Orang-orang yang sibuk di dunia pun tahu bahwa bermain bisa membantu mereka lebih santai. Presiden Obama menemukan kecintaannya untuk bermain bola, Greg marcus, CEO dan Presiden The Marcus Corp bermain piano untuk melepas stres.

6. Menghargai alam
Alam bisa membantu Anda untuk bersantai. Sesekali, ganti rutinitas Anda ke mal dengan menyambangi taman-taman kota. Bermain bersama si kecil atau membaca di tengah hijaunya rumput dan pepohonan bisa membuat kita merasa lebih rileks.

Atau tiru Michelle Obama yang selalu berkebun untuk menghilangkan kelelahannya. "Jika saya merasa lelah dan tegang maka saya akan pasang iPod dan langsung bersepeda sepanjang danau Michigan bersama putri-putri saya," katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com